Kemenkominfo Blokir Layanan Data di Papua

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir layanan data di Papua dan sekitarnya. Pemblokiran ini untuk mengantisipasi kerusuhan di tanah Cendrawasih tersebut agar tidak meluas.

Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo RI Ferdinandus Setu mengatakan, pemblokiran layanan data dilakukan per hari ini, Rabu (21/8/2019). Kominfo mengatakan pemblokiran akan dicabut setelah situasi di Papua dan sekitarnya kembali normal.

“Untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan sekitarnya, setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI memutuskan untuk melakukan pemblokiran sementara layanan data telekomunikasi, mulai Rabu (21/8) hingga suasana tanah Papua kembali kondusif dan normal,” katanya melalui siaran pers.

Kerusuhan di sejumlah titik di Papua dan Papua Barat terjadi pada Senin (19/8). Sejumlah lokasi yang sempat terjadi kerusuhan adalah Manokwari dan Sorong. Disebutkan situasi di dua lokasi tersebut sudah kondusif. Namun, hari ini dilaporkan ada kerusuhan di Fakfak, Papua Barat; dan Timika, Papua. Kericuhan menimbulkan kerusakan di kedua wilayah.  (dan)