Nauvaldo Jati Agatra. (Ist/Dwi Ari Setyadi)

Petenis Lokal Hadapi Lawan Sepadan

PALEMBANG (IndependensI.com) – Petenis junior Indonesia, Nauvaldo Jati Agatra harus menghadapi lawan sepadan di babak perempat final Medco International Junior Championships 2019. Andalan Merah Putih itu bakal menantang unggulan teratas tunggal putra, Jian Keong Takeshi Koey asal Malaysia di stadion tenis Bukit Asam Jakabaring Sport City Palembang, Jumat (23/8/2019).

“Dia kuat di baseline dan sangat ulet. Namun saya sudah menyiapkan bagaimana cara untuk mengalahkannya,” tutur Nauvaldo tentang calon lawan yang menempati peringkat ke-615 dunia junior itu. Di babak ketiga, Kamis (22/8/2019), Nauvaldo melewati laga rubber set untuk menyingkirkan wakil Thailand, Songrit David Chanbubpha. Remaja kelahiran Semarang, 12 Juli 2003 itu harus kehilangan set pembuka sebelum berbalik unggul dengan skor akhir 4-6, 7-5, 6-3.

Kubu tuan rumah berhasil menempatkan empat wakil di babak delapan besar Medco International Junior Championships 2019. Selain Nauvaldo, Indonesia masih memiliki Lucky Chandra Kurniawan yang akan menguji ketangguhan seeded ketujuh dari China, Mai Gao. Sedangkan Gunawan Trismuwantara akan terlibat perang saudara dengan sesama petenis asal Madura, Muhammad Ali Akbar Ramadhani.

Nadya Dhaneswara (ist). 

Di nomor tunggal putri, tim Merah Putih hanya menempatkan tiga wakil pada perempat final. Mereka adalah unggulan kedua Jessica Christa Wirahadipoernomo yang akan meladeni Ya Chi Hsu dari Taiwan, Niken Ferlyana Kusumaningtyas menghadapi non unggulan asal Korea Selatan, Ji Woo Choi dan Nadya Dhaneswara yang bakal berjibaku dengan Lin Xin Tan (Malaysia).

“Secara peringkat lawan di perempat final lebih rendah peringkatnya daripada yang saya kalahkan di babak ketiga, namun saya anggap semua sama kualitasnya. Jadi tetap fokus agar bisa melewati tiap babak,” ujar Nadya usai melewati babak ketiga, menyingkirkan unggulan ketiga, Xintong Zhou (China) 7-5, 7-5.

Medco International Junior Championships 2019 adalah turnamen resmi dalam kalender kompetisi Federasi Tenis Internasional (ITF) kelompok junior berkategori Grade 5. Pada edisi perdana yang diikuti petenis dari 12 negara itu, perhelatan ini menggelar pertandingan nomor tunggal dan ganda, baik putra maupun putri di Stadion Tenis Bukit Asam Jakabaring Sport City, Palembang.