Suasana jumpa pers Harum Energy Men's World Tennis Tour di Jakarta. Senin (12/6/2023). Turnamen ini bakal bergulir dalam tiga seri selama tiga pekan di lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence Jakarta mulai 10 Juni hingga 2 Juli 2023. (Ist/Dwi Ari Setyadi)

Turnamen Tenis Profesional Digelar Tiga Seri

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Turnamen tenis internasional bertajuk Harum Energy Men’s World Tennis Tour bakal bergulir dalam tiga seri selama tiga pekan di lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence Jakarta. Ajang ini bergulir 10 Juni hingga 2 Juli 2023.

“Harum Energy ingin tumbuh berkembang bersama komunitas dan lingkungan sekitarnya. Kami aktif menjaring aspirasi dan partisipasi masyarakat serta membantu mendorong masyarakat tumbuh berkembang sesuai potensi kemampuan dan kearifan lokal serta memiliki daya saing, termasuk di bidang olahraga,” ucap Ray A. Gunara selaku Direktur Utama PT Harum Energy Tbk melalui keterangan tertulisnya, Senin (12/6/2023).

Harum Energy adalah perusahaan tambang yang sangat aktif mendukung kegiatan olahraga, khususnya tenis di Tanah Air dalam beberapa tahun terakhir ini. Adapun turnamen Harum Energy Men’s World Tennis Tour 2023 ini termasuk dalam agenda kompetisi resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) yang menjadi pintu masuk petenis yang tengah merintis karir di dunia profesional.

“Sebagai induk organisasi olahraga tenis di Indonesia, PP Pelti mengucapkan terima kasih atas dukungan dunia usaha, khususnya Harum Energy yang aktif mendukung pengembangan prestasi olahraga tenis Indonesia di kancah dunia. Kehadiran turnamen internasional seperti Harum Energy Men’s World Tennis Tour inilah yang menjadi kunci sukses tim Merah Putih menjadi juara umum cabang olahraga ini di SEA Games 2023,” ucap Ketua Umum PP Pelti, Edward Omar Sharif Hiariej.

Merujuk situs ITF hingga Jumat (9/6/2023), Harum Energy Men’s World Tennis Tour bakal diramaikan petenis yang berasal dari 32 negara. Tak hanya dari kawasan Asia seperti Jepang, Korea Selatan, India serta Uzbekistan, para peserta juga datang dari Australia dan Selandia Baru. Dari Benua Eropa, hadir wakil Inggris, Turki, Italia, Ceko, Belanda, Rusia dan Ukraina. Bahkan, datang pula petenis dari kawasan Amerika, yakni AS, Argentina, Chile dan Brasil.

“Harum Energy Men’s World Tennis Tour ini menyediakan 48 slot kualifikasi tunggal dan
32 tempat Babak Utama serta 16 pasangan ganda,” ucap Susan Soebakti selaku Direktur Turnamen pada ajang yang menyediakan total hadiah 45.000 dolar AS atau sekitar Rp 700 juta ini.

Petenis Australia, Omar Jasika yang berperingkat 272 singles dunia akan menempati posisi unggulan teratas pekan pertama Harum Energy Men’s World Tennis Tour ini. Sedangkan tuan rumah Indonesia mengandalkan Justin Barki yang baru mulai kembali berkompetisi setelah merampungkan kuliah di Amerika Serikat. Kendati berbekal wild card, petenis kidal ini mampu melangkah hingga semi final turnamen ITF M25 di Jakarta, pekan silam.

Tim Merah Putih juga diwakili oleh Giorgio Soemarno, Claudio Renardi Lumanau dan Renaldi Aqila Arifadli Salim. Tuan rumah masih berpeluang menambah wakil di babak utama setelah tiga petenis yakni M. Gunawan Trismuwantara, Achad Imam Maruf dan Tegar Abdi Satrio Wibowo sukses melaju ke final kualifikasi, Selasa (13/6/2023).