Suasana pertandingan ajang "4X4 Basketball Festival 2019" di lapangan The Breeze Basketball Arena, BSD City, Sabtu (24/8/2019). (Istimewa)

Ajang “4X4 Basketball Festival” Digelar

BSD CITY (IndependensI.com) – Jurnalis Peduli dan Suka Olahraga (JUSRAGA) menggelar ajang basket bertajuk “4X4 Basketball Festival 2019”, sebuah kompetisi basket 4×4 usia dini dan Skill Basketball Challenge yang pertama di Indonesia. Perhelatan ini digelar pada Sabtu dan Minggu, 24 – 25 Agustus 2019 di The Breeze Arena, BSD. Selain mempertandingkan Kelompok Umur (KU) 10 tahun putri, juga dimainkan eksibisi KU 12 dan 13 tahun putra.

“Idenya adalah minimnya turnamen basket usia dini yang digelar di Tanah Air. Sedangkan animo pebasket muda cukup tinggi mengingat olahraga basket mulai digemari segala usia. Kami mencoba mengawalinya dengan basket 4X4 untuk KU 10 tahun putri dan dua eksibisi KU 12 dan 13 tahun putra,” ungkap Ketua Pelaksana “4X4 Basketball Festival 2019, Richard Leo Gunawan, Sabtu (24/8/2019).

Richard mengatakan, seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, peminat acara ini cukup tinggi, baik dari pebasket maupun dari para orang tua pemain. Untuk itulah setelah melihat situasi dan kondisi yang ada, dirinya dan Jusraga hendak membuat arena baru yang membangun kreatifitas dan bermain melalui olahraga basket. “Basket usia dini bukan soal menang atau kalah, tetapi bagaimana membuat semua orang bisa bergembira dengan olahraga basket,” imbuhnya.

Lebih jauh Richard yang juga Ketua Asosiasi Bola Basket Seni Indonesia ini mengakui, event awal pasti banyak kekurangannya. Untuk itulah, perhelatan yang direncanakan bergulir secara kontinyu ini, akan terus diperbaiki dan dievaluasi berdasarkan situasi di lapangan serta masukan dari para pemain maupun orang tua.

“Kami akan serius memperbaiki kekurangan di event ini dengan mengakomodir masukan yang ada. Tujuannya agar turnamen ini bisa bergulir dengan baik dan memberikan wadah baru bagi pebasket usia dini sebagai sarana latih-tanding yang bermanfaat,” kata Richard.

Apresiasi Positif 

Sementara itu pelatih tim Jakarta Warriors Basket Club, Daniel Poetiray memberikan apresiasi positif atas gelaran ini. Baginya, pertandingan basket usia muda perlu diperbanyak dan perhelatan “4X4 Basketball Festival 2019” menjadi ajang basket yang perlu didukung konsistensinya.

“Kalau ada perhelatan basket seperti ini, saya dukung terus. Kalau nanti ada gelaran berikut, saya pasti kirim tim. Ini bagus buat ajang uji coba klub basket sekaligus melatih mental tanding anak-anak,” ujar Daniel. Kendati ada kelemahan disisi wasit dan peraturan pertandingan, Daniel berharap bila ajang ini digelar konsisten akan ada perbaikan-perbaikan yang signifikan.

Hal senada juga disampaikan salah satu orang tua pebasket, yang menyoroti lemahnya kepemimpinan wasit di lapangan. “Wasit harus percaya diri dan lebih tegas, sehingga tidak memancing protes dari kedua tim. Selain itu soal peraturan pertandingan perlu ada perbaikan,” ujar Lexyndo. Dia menambahkan, dipastikan para orang tau akan senang dengan turnamen seperti ini dan dirinya memberikan dukungan penuh kepada Jusraga dalam menggelar event tersebut.

“Adanya event ini membuat anak-anak ada sarana untuk bertanding dan tentunya orang tua pun turut senang bisa melihat anaknya bermain dalam sebuah pertandingan. Saya dukung Jusraga untuk turnamen ini,” imbuhnya.

Hasil Pertandingan, Sabtu (24/8/2019):

Lapangan A:
– Jakarta Warriors Basket Club (JWBC) vs Sunter Agung Basketball Club (SABC) 16-24
– Fictor Roring Basketball Academy (FRBA) vs Warriors 47-55
– FRBA vs Victoria A 36-23
– Gading Muda vs Hang Tuah 26-37
– Victoria vs Warriors 12-39
– FRBA vs Warriors A Thunder 15-32
– SABC vs Victoria B 12-61
– Victoria vs Warriors 97-36
– Senusa Tangsel vs Jetz 19-52

Lapangan B:
– Airone vs Gading Muda 44-39 (OT)
– Senusa Tangsel vs Victoria 8-42
– Warriors B Storm vs Senusa Tangsel 48-22
– JWBC vs Victoria B 14-69
– FRBA vs Victoria 25-72
– Warriors B Storm vs Jetz 33-42
– FRBA vs Senusa Tangsel 49-22
– Airone vs Hang Tuah 24-63
– Victoria A vs Warriors A Thunder 25-52