Kabiro Hukum dan HLN Kejagung Darmawel Aswar

Jaksa Agung Tunjuk Darmawel Kajati Pertama Sulawesi Barat

Jakarta (Independensi.com)
Jaksa Agung HM Prasetyo tunjuk Kepala Biro Hukum dan HLN Kejaksaan Agung Darmawel Aswar sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat yang pertama setelah berpisah dari Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan.

Penunjukan Darmawel tercantum dalam Keputusan Jaksa Agung Nomor Kep-279/A/JA/09/2019 tertanggal 26 September 2019 bersamaan dengan promosi dan mutasi 34 pejabat eselon II di lingkungan Kejaksaan.

Sementara itu menyangkut pembentukan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat disebutkan Wakil Jaksa Agung Arminsyah sudah ada keputusannya dari Presiden Joko Widodo.

“Sudah ada keputusannya yaitu Keputusan Presiden Nomor 1 Tahun 2019 tanggal 25 Januari 2019,” kata Arminsyah kepada Independensi.com di Badan Diklat Kejaksaan RI, Selasa (1/10/2019).

Dia pun menyebutkan terkait pembentukan Kejati baru atau Kejari baru di setiap ibukota provinsi atau Kabupaten dan Kota memang bisa dilakukan dengan merujuk Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan.

“Kalau untuk Kejati Sulbar kan sudah lama dibentuk dan sudah ada Keppresnya, tinggal dilantik Kajatinya. Jadi tidak masalah dan itu pengembangan wilayah,” kata mantan Kajati Jawa Timur ini.

Ditambahkan Arminsyah untuk Kejati baru lainnya tinggal dua lagi yang belum dibentuk yaitu Kejati Kalimantan Utara dan Kejati Papua Barat. “Tapi sudah diajukan.”

Berdasarkan Keppres tentang pembentukan Kejati Sulawesi Barat kedudukan Kejati berada di Mamuju sebagai Ibukota dari Sulawesi Barat.(MUJ)