Sekda Kota Bekasi Renny Hendrawati foto bersama usai apel pagi. (humas)

Sekda Kota Bekasi:  Reformasi Birokrasi dan Profesionalitas Aparatur Terus Ditingkatkan

BEKASI (IndependensI.com)- Sekretaris Daerah  Pemerintah  Kota Bekasi Reny Hendrawati berharap di lingkungan pemerintahannya, bahwa reformasi birokrasi dan profesional aparatur terus ditingkatkan. Itu  juga  yang diinginkan Walikota Bekasi Rahmat Effendi, sebagaimana diungkapkan Presiden Joko Widodo dalam pidato pelantikan, Minggu (20/10/2019).

Hal itu disampaikan Reny Hendrawati saat memimpin  apel aparatur dilingkungan kantor Wali Kota Bekasi, Senin (21/10/2019).

Reny mengatakan,  amanat Presiden Joko Widodo untuk menekankan reformasi birokrasi dan profesionalitas aparatur, kemudian target Indonesia pada 2045 menjadi negara lima besar dunia, peningkatan pendapatan rata-rata perkapita masyarakat.

“Kemarin kita semua sudah melihat dan mendengarkan pidato pertama dari Presiden Jokowi. Yang disampaikan banyak sekali tugas dari kita dimana semua harus sudah berubah sama seperti yang disampaikan Wali Kota Bekasi. Pertama disampaikan kaitan Indonesia 2045 harus menjadi lima besar dunia. Disampaikan juga perkapita pendapatan rakyat Indonesia. Reformasi birokrasi aparatur dan profesionalitas aparatur,” kata Reny.

Menyikapi rencana Presiden Joko Widodo, untuk jabatan aparatur  hanya dua level  eselon, karena selama ini terlalu banyak eselon
satu sampai empat, Reny mengatakan itu guna meningkatkan profesionalitas aparatur dan memperbanyak jabatan fungsionalnya. Ia pun ingin di semua organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Bekasi, pejabat fungsional menjadi perhatian dan bisa diimplementasikan di Kota Bekasi.

“Dikatakan akan hanya sampai eselon dua. Itu dioptimalkan kaitan dengan fungsional untuk semua lebih profesional. Ditekankan fungsional. OPD mendata kembali jabatan fungsional,” ucap Reny.

Reny dalam kesempatan itu mengatakan Presiden Joko Widodo juga menekankan sektor pendapatan begitupun di Kota Bekasi yang kata dia akan terus meningkatkan sektor pendapatan baik dari sektor pajak dan retribusi daerah.

“Mensukseskan Indonesia lima besar negara di 2045 bisa tercapai kalau semuanya kerja tuntas sama persis yang  disampaikan Walikota Bekasi. Semua program pemerintah harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ucapnya. (jonder sihotang)