Kemenhub Percepat Pembangunan Infrastruktur dan Aksesibilitas Untuk Dukung 5 Bali Baru

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Salah satu fokus kerja Presiden RI Joko Widodo pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 adalah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur untuk  mewujudkan konektivitas yang menyambungkan daerah-daerah yang memiliki potensi pariwisata, khususnya di 5 (lima) destinasi pariwisata super prioritas yang tengah dikembangkan Pemerintah.

Lima destinasi pariwisata super prioritas atau yang disebut dengan 5 Bali Baru yaitu Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika ( Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo ( Nusa Tenggara Timur), dan Likupang (Sulawesi Utara).

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjadi andalan sebagai sumber devisa bagi Indonesia yang terkenal akan keberagaman budaya dan keindahan alam.

Oleh karena itu, Presiden mengatakan bahwa percepatan pembangunan infrastruktur pendukung sektor pariwisata sangat diperlukan agar dapat segera mempromosikan 5 Bali Baru secara masif pada dunia internasional mulai tahun 2020.

Pulau Padar salah satu destinasi di NTT

Di tahun 2020, Pemerintah menargetkan adanya peningkatan kunjungan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) sampai dengan 18,5 juta orang per tahun dan pergerakan wisatawan nusantara mencapai 310 juta perjalanan per tahun dengan target penerimaan devisa antara USD 19 hingga 21 Miliar.

‘’Meningkatnya kedatangan turis mancanegara ke Indonesia diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah defisit transaksi berjalan dan neraca perdagangan Negara,” kata Presiden Joko Widodo pada satu kesempatan.

Untuk itu, Kementerian Perhubungan selaku Kementerian yang bertanggung jawab di bidang transportasi, melakukan upaya peningkatan konektivitas melalui pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana transportasi.

Candi Borobudur

’Tujuannya tidak lain agar aksesibilitas ke destinasi wisata 5 Bali Baru semakin mudah dan pada ujungnya menarik atau mendatangkan banyak turis baik mancanegara maupun domestik,’’ kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,

Baca juga:

Kemenhub Targetkan Pembangunan Infrastruktur Transportasi 5 Bali Baru Tepat Waktu

Oleh karenanya, sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo,   Kementerian Perhubungan  akan mendukung penuh dengan memberikan kemudahan aksesibilitas pada kawasan destinasi wisata superprioritas 5 Bali Baru dengan mewujudkan konektivitas melalui berbagai pembangunan infrastruktur transportasi.

‘’Pemerintah tengah membangun banyak kawasan wisata, untuk itu kami akan mendukung dengan memadukan dengan membangun fasilitas pendukungnya yaitu infrastruktur sarana dan prasarana transportasi, agar kemudahan aksesibilitas itu terjadi di titik-titik wisata tersebut,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (adv/hpr)