Ilustrasi. Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping. (Ist)

Diduga Perang Dagang AS-China Dibalik Merebaknya Corona

JAKARTA (Independensi.com) – Anggota Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning menduga perang dagang China dengan Amerika Serikat (AS) berada dibalik isu merebaknya virus Corona.

Ribka pun mencurigai korban meninggal dunia hanya dari China saja. Sementara di negara-negara lain, belum ada yang meninggal karena Corona.

Hal itu dikatakan Ribka dalam Rapat Kerja Komisi IX dengan Menteri Kesehatan RI beserta jajarannya di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/2).

“Ini khan kalau kita tarik lagi, jangan-jangan ini perang dagang Amerika dan China. Sebab lucunya, yang meninggal itu hanya di China, yang di negara-negara lain khan cuma tertular, terduga, ujung-ujungnya sehat,” ujar Ribka.

Ribka memaparkan, bila isu virus Corona ini terus dibiarkan berkembang, akan berpengaruh pada perekonomian China. Negeri Tirai Bambu itu bisa diembargo.

“Ini khan ‘mainan’ Amerika juga, karena ini persaingan juga. Negara super power sekarang khan China dan Amerika. Makanya kita juga harus hati-hati menyikapi ini,” ujar Ribka.