Ilustrasi. Whisnu Sakti saat bertemu dengan warganya. (Ist)

Whisnu Sakti Siapkan Program Rp 100Juta Per RT Untuk Keamanan Kota

Loading

SURABAYA (Independensi.com) – Wakil Wali Kota (Wawali) Surabaya Whisnu Sakti Buana optimistis program Rp100 Juta per RT sanggup tangani problem keamanan di kota Pahlawan itu.

Pasalnya, ancaman tindak kriminalitas dan radikalisme masih menjadi momok di Kota Pahlawan, sehingga membuat WS inisialnya, mencarikan solusi untuk mencegah.

Ancaman tindak kejahatan, peredaran narkoba, kenakalan remaja, hingga ancaman radikalisasi di wilayah perkampungan memang memerlukan penanganan bersama, tak hanya Pemkot Surabaya.

Whisnu memiliki visi agar gagasan Rp 100 juta setiap RT menjadi efektif nantinya. Kongkritnya dengan program-program deteksi dini mengenai problem sosial tersebut.

“Pemangku RT dan Tokoh masyarakat setidaknya bisa membuat program inovatif. Bagaimana mitigasi terhadap persoalan ini bisa dibantu pihak keamanan, seperti Babinsa dan Babinkamtibmas,” katanya saat ditemui diruang kerja Wakil Walikota Surabaya, Rabu (19/2).

Ia menjelaskan berdasarkan mitigasi yang dilakukan maka sebelum melakukan perencanaan untuk membuat program inovasi di perkampungan diperlukan pembahasan yang matang.

RT dan Tokoh Masyarakat, lanjutnya, bisa berkoordinasi melakukan analisis penyebab masalah-masalah sosial yang ada.

“Kemudian bisa menjadi problem solving yang outputnya upaya mitigasi dari ancaman maupun permasalahan sosial yang ada di kampung,” ujar alumni Teknik Industri ITS Surabaya ini.

Suksesor Tri Rismaharini dalam Pilwali Surabaya 2020 ini optimis peran dana RT 100 juta untuk dioptimalkan dan efektif untuk direncanakan bersama pemangku pihak kampung di Surabaya.

“Ingat, Ketua RT tidak bisa seenaknya membuat program sendiri tanpa melibatkan multipihak ataupun stake holder di kampung,” tegas Politisi PDI Perjuangan Jawa Timur ini.

Putra mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan Ir Soetjipto ini berharap, program tersebut secara keseluruhan bisa bermanfaat.

“Warga juga bisa bergotong-royong dengan adanya program demi pemberdayan lingkungan juga,” pungkas pria yang akrab disapa WS ini.