Wabup bersama jajaran Forkopimda Gresik Jawa Timur saat berziarah dimakam Syeh Maulana Malik Ibrahim

Lestarikan Tradisi Wabup Bersama Forkopimda Gresik Ziarahi Makam Waliyullah

GRESIK (Independensi.com) – Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim bersama jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Gresik Jawa Timur, mengelar ziarah ke Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri.

Kegiatan itu, dilakukan untuk mendoakan masyarakat Gresik agar terbebas dari penyakit yang berbahaya seperti virus corona.

“Saya selalu berdoa agar masyarakat Gresik selalu sehat, terhindar dari virus corona yang merebak saat ini agar tidak terpapar di Gresik. Sehingga masyarakat Gresik terhindar dari penyakit yang membahayakan ini,” ujarnya usai berziarah ke Makam Sunan Giri, Jumat (6/3).

“Ziarah Wali yang dilaksanakan sekarang ini, adalah bagian dari tradisi pada setiap merayakan Hari Ulang Tahun Pemkab Gresik ke 46 dan Hari Jadi Kota Gresik ke 533,” tuturnya.

“Kita berziarah kepada leluhur kita yang juga seorang Wali Allah, yaitu mbah Sunan Giri, Mbah Maulana Malik Ibrahim, Mbah Sunan Prapen dan Mbah Kanjeng Tumenggung Pusponegoro, Bupati pertama Gresik. Untuk mendoakan mereka, karena jasa-jasanya yang luar biasa,” katanya.

Sesuai tradisi lanjut Qosim, ziarah ke makam para wali yang juga leluhur Gresik ini rutin dilakukannya selama 10 tahun atau dua periode menjabat sebagai Wakil Bupati Gresik.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap bisa menjadikan kita semua masyarakat Gresik khususnya selalu meneladani kepemimpinan dan kebijakan yang dilakukan leluhur kita itu,” tandasnya. (Mor)