Satu unit mobil Water Canon milik Polri, tampak menyemprotkan air disinfektan sepanjang 31 KM jalan raya Jalur Pantura Kabupaten Bekasi pada Selasa (31/3/2020). (foto:jonder sihotang)

Habiskan 15.000 Liter Disinfektan dari PDAM: Sepanjang 31 KM Jalur Pantura Bekasi Disemprot

Loading

BEKASI (Independensi.com)- Jalan nasional jalur pantai utara (Pantura) sepanjang 31 kilo meter  di Kabupaten Bekasi,  hari ini Selasa (31/3/2020), disemprot cairan disinfektan. Penyemprotan yang dimulai dari Kampung Sasak Jarang Kecamatan Tambun Kabupaten Bekasi Jawa Barat yang berbatasan dengan Kota Bekasi hingga Kecamatan Kedungwaringin,  perbatasan Kabupaten Karawang, menghabiskan sekitar 15.000 liter air disinfektan.

Air disinfektan sebagian besar disuplai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi.  Ada juga air disinfektan bantuan pengusaha kawasan industri, ujar Kapolres Metro Bekasi Kabupaten,  Kombes Hendra Gunawan, saat ditemui di lokasi penyemprotan.

Dalam kegiatan ini katanya,  melibatkan 15 unit kendaraan mulai dari mobil Water Canon milik polri, mobil pemadam kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran, dan mobil tangki dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Termasuk mobil tangki berisi air disinfektan dari PDAM Tirta Bhagasasi, juga dikerahkan. Penyempotan dilakukan mulai pukul 09.00 WIB  sampai selesai. Jadi, yang disemprot jalur pantura Bekasi di dua sisi jalan raya,” ujar Hendra.

Selain jalan raya, disemprot juga beberapa tempat lain yang merupakan pusat konsentrasi masyarakat seperti stasiun kereta, terminal dan pasar.

Penyemprotan  kata Hendra, sesuai instruksi Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja. Penyemprotan disinfektan juga akan dilakukan di 23 wilayah kecamatan se Kabupaten Bekasi hingga ke tingkat RW dan RT, dan tempat-tempat kumuh.

Diimbau juga masyarakat secara swadaya dapat melakukan penyemprotan di wilayah tempat tinggal masing-masing, guna keselamatan bersama, tambah
Kapolres.

Sementara itu, Kabag Umum PDAM Tirta Bhagasasi Lili  Subalie mengungkapkan, pihaknya hari ini khusus untuk penyemprotan di Jalan Raya Jalur Pantura menyiapkan sekitar 15.000 liter disinfektan. Selama dibutuhkan, PDAM siap mensuplai air disinfektan dalam kegiatan sosial mengatasi virus corona.

Untuk wilayah Kota Bekasi, sudah dua minggu ini mensuplai air disinfektan yang diambil dari Instalasi Pengolahan Air  (IPA) PDAM Cabang Poncol Jalan RA Kartini, ujarnya. (jonder sihotang)