Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi

Akhlak Mulai Diterapkan Petrokimia Gresik Sebagai Core Value Perusahaan

Loading

GRESIK (Independensi.com) – Petrokimia Gresik, selaku perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, meresmikan AKHLAK sebagai core value (tata nilai) perusahaan baru yang merupakan gagasan Menteri BUMN Erick Thohir.
Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi menyebutkan bahwa AKHLAK merupakan akronim dari kata Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Tata nilai ini akan diimplementasikan dan menjadi budaya kerja dan pedomam dalam menjalankan bisnis bagi seluruh insan Petrokimia Gresik.
“Budaya baru ini sangat sejalan dengan sasaran dari program Transformasi Bisnis Petrokimia Gresik, yaitu menjadi perusahaan solusi agroindustri untuk pertanian yang berkelanjutan,” ujarnya, Jumat (21/8).
Petrokimia Gresik, lanjut Rahmad, berkomitmen menerapkan dan menyinkronkan tata nilai AKHLAK ke dalam internal perusahaan.
“Salah satu tantangan terbesar perusahaan BUMN saat ini, termasuk Petrokimia Gresik adalah bagaimana menjadi perusahaan bertaraf internasional dan berdaya saing tinggi di pasar global. Apalagi pada era disruptif seperti saat ini,” tuturnya.
“Saat ini yang dibutuhkan oleh perusahaan BUMN adalah suatu budaya kerja yang bisa menyinkronkan antara kepentingan bisnis dengan etika dan moralitas. Ketika, berbicara tantangan bisnis, pada tahun 2019 Petrokimia Gresik telah menetapkan Program Transformasi Bisnis Petrokimia Gresik (TBPG) yang didalamnya terdapat tiga sasaran utama (shifting paradigm).
Pertama, perubahan dari Inefisiensi menjadi Efisiensi. Kedua, perubahan mindset dari Product Driven menjadi Market Driven. Dan ketiga, perubahan orientasi dari Subsidi menjadi Komersial,” paparnya.
Guna meysukseskan program transformasi tersebut, kuncinya adalah human resources atau Sumber Daya Manusia (SDM). Karena SDM adalah pelaku perubahan yang berada di dalam perusahaan, yang meliputi cara berpikir, cara berbicara, dan cara bekerja,” tegasnya.
“Budaya transformatif merupakan pondasi utama dalam Total Transformation Model, yang meliputi Business, Leadership, dan Culture Transformation. Ketiga hal ini merupakan poin penting, atas keberhasilan program transformasi bisnis,” imbaunya.
“Tata nilai AKHLAK sebagai sebuah Culture Transformation akan mendukung Business dan Leadership Transformation. Tanpa perubahan Culture, maka akan sulit untuk melakukan transformasi di bidang Business dan Leadership,” pungkasnya. (Mor)