Kemenhub Serahkan 50 Unit Fasilitas Parkir Sepeda

JAKARTA (Independensi.com)
Kementerian Perhubungan memberian fasilitas parkir sepeda sebanyak 50 (lima puluh) unit kepada instansi pemerintah, sekolah, tempat ibadah, dan tempat umum.

Penyerahan fasilitas parkir sepeda dilakukan secara simbolis kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Stasiun Kereta Api Pasar Minggu, dan SDN Batu Ampar II Jakarta Timur.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2020. Acara ini juga untuk mendukung terciptanya lingkungan ramah sepeda bagi para pengguna sepeda di berbagai wilayah.

Dalam situasi pandemic Covid 19 seperti saat ini, trend bersepeda di kalangan masyarakat makin meningkat. Trend ini terjadi tidak hanya di kota besar, tapi juga di berbagai wilayah lain di seluruh Indonesia.

Bersepeda seolah kini menjadi tren gaya hidup masyarakat untuk tetap hidup sehat yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas.

Menyikapi hal tersebut, Kementerian Perhubungan menyelenggarakan Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2020 dengan tema Sayangi Nyawa, Suarakan Keselamatan yang dilaksanakan secara virtual pada Jumat (25/9).

Hal ini juga menjadi momentum lanjutan setelah Kemenhub menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan No. 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan yang dapat menjadi panduan bagi para pesepeda dan stakeholders lainnya agar tetap bersepeda dengan aman dan berkeselamatan.

“Saya berharap kepada masyarakat untuk selalu menggunakan perlengkapan keselamatan saat mengendarai sepeda seperti yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan no 59 tahun 2020. Selain itu wajib mematuhi rambu lalu lintas, protokol kesehatan, dan bersepedalah dengan selamat,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Jumat (25/9)

Menhub juga mengajak Pemerintah Daerah untuk turut mendorong tersedianya fasilitas seperti jalur khusus sepeda, tempat parkir untuk pesepeda termasuk untuk para penyandang disabilitas. Ia juga berharap para pengambil kebijakan baik ditingkat pusat maupun daerah dapat menyuarakan Keselamatan Jalan kepada seluruh lapisan masyarakat di berbagai kesempatan.

“Keselamatan jalan tidak mungkin terwujud bila tidak diawali saat ini, dari diri kita sendiri, keluarga, masyarakat, serta lingkungan hingga akhirnya menjadi budaya dan peradaban bangsa,” ucap Menhub.

Adapun rangkaian kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2020 antara lain berupa sosialisasi Peraturan Menteri Perhubungan No.59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan.

Berikutnya ada Virtual Bicycle Fair pada tanggal 17 Oktober 2020. Pameran Sepeda Virtual Pertama di Indonesia ini melibatkan 200.000 penonton, 200 peserta pameran sepeda, dan 300 kontestan lomba sepeda serta Webinar Focus Group Discussion (FGD) Bike Talks yang diselenggarakan di Balai Sarbini Jakarta.

Kementerian Perhubungan juga mengadakan dilaksanakan pada 17 Oktober 2020 bertempat di Balai Sarbini dengan mengundang berbagai ahli di bidang transportasi, tokoh komunitas, dan public figure. Semua peserta juga akan mengikuti secara virtual.

Akan dilaksanakan pula kegiatan Virtual Fun Bike akan dilaksanakan secara bersamaan dengan Focus Group Discussion pada tanggal 17 Oktober 2020 yang akan diikuti oleh 4.000 peserta dari 25 BPTD dan DKI Jakarta. Pada virtual fun bike ini setiap peserta akan mendapatkan jersey dan medali untuk digunakan di wilayahnya masing-masing serta dipantau progress perjalanannya melalui aplikasi.

Terakhir Puncak Acara Pekan Sepeda Nasional Tahun 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2020 yang diawali dengan Aksi Pembagian 100.000 (Seratus Ribu) Masker di 5 (lima) wilayah Jakarta. (hpr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *