Mendikbud : Antisipasi Mada Depan Kita Harus Ubah Cara Belajar

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, untuk menghadapi tantangan di masa depan, maka perlu mengubah cara belajar konvensional yang selama ini dilakukan. Sebab, masa depan merupakan sebuah tempat yang penuh dengan ketidakpastian.

“Jadinya kita untuk bisa mengantisipasi tantangan di masa depan kita harus mengubah cara kita belajar, mengubah interaksi antara guru dan murid, antara dosen dan mahasiswa,” kata Nadiem dalam acara Stadium General: Rekacipta Indonesia Menuju Generasi Emas yang disiarkan melalui kanal Youtube LPDP RI, Senin (2/11).

Pembelajaran, kata Nadiem, haruslah bersifat interaktif. Di mana terjadi pelibatan peserta didik dalam setiap proses pembelajaran. “Di mana kita bukan hanya belajar sesuatu informasi, tetapi belajar melalui praktik, melalui melakukan sesuatu dengan kolaborasi dengan siswa lain dengan mahasiswa lain,” ucapnya.

Disebutkan Nadiem, cara seperti itulah yang dapat mengasah kemampuan seseorang yang dibutuhkan di masa depan. “Dan itulah yang akan mengasah skill, set-skill, set yang mau ekonomi dan teknologi ke manapun akan selalu relevan untuk masa depan kita,” pungkasnya.