Invertor Tertarik Bangun Hotel dan Bioskop di Terminal Mangkang

SEMARANG (Independensi.com) Sejumlah pengusaha menyatakan minatnya untuk berinvestasi di Terminal Penumpang Tipe A yang ditawarkan Kementerian Perhubungan.

Direktur Prasarana Transportasi Jalan Mohamad Risal Wasal pada acara Investor. Gathering di Terminal Mangkang, Semarang Selasa (1/12) mengatakan, banyak sektor bisnis yang diminati.

Di Terminal penumpang Mangkang misalnya, salah seorang investor berminat membangun hotel bintang empat.. Investor lainnya berminat membangun rumah sakit dan bioskop.

Terminal Tirtonadi Solo juga diminati investor., yaitu membangun hotel bintang tiga dan pusat perbelanjaan yang lokasinya di tengah terminal.. Di lantai dua terminal Tirtinadi saat ini sedang diselesaikan pembangunan sport center, fpujasera dan gedung pertemuan.yang pembangunannya selesai Desember 2020 mendatsng

“Insya allah apa yang kita tawarkan mendapat respon positif dari dunia usaha dan pebisnis lokal. Apalagi” di Semarang ada lebih dari 3000 pelaku” bisnis UMKM” kata Risal.

Tidak lupa pengusaha UMKM akan mendapat tempat khusus dimana dilokasi tersebut semua UMKM yang sudah punya nama atau sudah dikenal oleh pecinta kuluner dijadikan dalam satu cluster. Untuk hotel, apartemen dan restoran internasional di tempatkan di cluster lain.

Sementara itu Sesditjen Perhubungan Darat Marta Hadisarwono mengatakan, selama ini banyak kita lihat terminal yang bermasslah. Tidak terawat, rusak dan kumuh, bahkan sampai kehilangan fungsinya sebagai terminal.

Dengan melakukan revitalisasi dan modernisasi di 34 terminal penumpang di sejumlah propinsi kita ingin mengubah citra itu. “Terminal akan kita ubah konsepnya, bukan hanya sebagai tempat naik turunnya penumpang, tapi juga sebagai kawasan bisnis baru,” kata Marta.

Dengan demikian nantinya terminal yang sudah baik dan.modern tidak saja berfungsi untuk kegiatan sosial tapi juga ekomi dan bisnis.

Risal Wasal dalam laporannya mengatakan, Investor Gathering ini diikuti lebih dari 200 pengusaha dari sejumlah kota melalui jaringan Zoom.dsn Yaoutube.

Di Terminal Mangkang juga disiapkan sejumlah meja bagi calon investor yang berminat melakukan investasi di enam Terminal Penumpang.

“Silahkan para investor menanyakan sektor apa saja yang diperbolehkan untuk.investasi, berapa lahan yang disiapkan dan nilainya. Telah siap teman-teman dari Kementerian Keuangan yang melakukan pendampingan,” tutupnya. (hpr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *