Vaksin Tidak Bisa Menghentikan Covid 19

JAKARTA (IndependensI.com) – Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Doni Monardo mengatakan, disiplin menjalni protokol kesehatan merupakan kunci memutus rantai penularan Covid-19. Dia menegaskan, vaksin sekalipun tidak bisa menghentikan penyebaran Covid-19.

“Ketika vaksin diberikan pun tidak serta merta kita bebas dari Covid-19. Vaksin tidak menghentikan Covid-19,” katanya dalam acara Peluncuran Pedoman Perubahan Perilaku Protokol Kesehatan 3M Dalam 77 Bahasa Daerah, Selasa (1/12/2020).

Menurut Doni, Covid-19 akan selalu ada di lingkungan masyarakat. Belum ada satu orang pun di dunia yang bisa memastikan kapan Covid-19 akan berakhir.

“Covid-19 akan ada terus sepanjang waktu, sampai kapan wallahualam bissawab hanya Allah yang mengetahuinya. Hanya Tuhan yang Maha Kuasa yang mengetahuinya,” ujar dia.

Karena itu, masyarakat harus membangun komitmen untuk menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, masyarakat harus mendukung upaya pemerintah melakukan testing dan tracing.

Testing dan tracing sangat penting untuk mendeteksi dini pasien Covid-19 sehingga penyebaran bisa diantisipasi.

“Covid-19 itu bukan ditulari bintang tapi manusia. Ditulari manusia ke manusia lainnya. Oleh karena itu, mari bersama-sama disiplin (menerapkan protokol kesehatan),” tandasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *