Camat Tenayan Raya Kota Pekanbaru, Indah Vidya Astuti

Lomba Mancing Mania Digelar di Melebung

Loading

PEKANBARU (Independensi.com) -Untuk meningkatkan kesejahteraan sekaligus lebih mengenalkan kawasan Melebung yang berada di pinggiran Sungai Siak Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru, dalam waktu dekat, di daerah itu  akan di adakan lomba mancing mania. Hal itu disampaikan   Indah Vidya Astuti S.STP – Camat Tenayan Raya Kota Pekanbaru menjawab pertanyaan Independensi.com Rabu, (27/1/2021) di Pekanbaru.

Sebagai sarana dalam melaksanakan perlombaan mancing mania tersebut, menurut Camat, Selasa (26/1/2021), telah diserahkan 10 unit sampan kepada warga Melebung yang pendanaannya memanfaatkan dana kelurahan Melebung tahun anggaran 2020.

Kawasan Melebung yang menyusuri pinggiran Sungai Siak, terletak di ujung Kota Pekanbaru berbatasan dengan Kabupaten Siak dan pinggiran  Kabupaten Pelalawan.

Kita mengakui kata Indah Vidya Astuti, Camat Tenayan Raya, saat ini, hubungan transportasi dari dan ke Kelurahan Melebung masih sangat sulit. Padahal, jika dilihat dari geografisnya, jarak dari kantor Walikota Pekanbaru ke Melebung, hanya sekitar 3-4 kilometer.

Akan tetapi, karena sarana jalan belum terbuka, untuk ke daerah Melebung harus keliling melalui kawasan Meridan Kabupaten Siak dengan  menempuh jarak hingga puluhan kilometer.

Sehubungan dengan hal itulah, kata satu-satunya Camat perempuan di Kota Pekanbaru ini, untuk lebih mengenalkan daerah Melebung sekaligus upaya meningkatkan kesejahteraan warganya, sebagai langkah awal dalam mewujudkan Melebung sebagai tujuan wisata domestik, sebelum bulan puasa mendatang, di Melebung akan kita lakukan lomba mancing mania. “Insya Allah akan saya adakan mancing mania di Melebung,” ujar Indah

Untuk memeriahkan acara itu nantinya, pihaknya akan mengundang perkumpulan memancing yang ada di Kota Pekanbaru maupun Kabupaten Siak, dan tidak tertutup kemungkinan dari Kabupaten Pelalawan, daerah yang berbatasan dengan Melebung.

Mudah-mudahan sebelum puasa akan kita laksanakan dan sudah tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan.  Apalagi Melebung masuk zone paling hijau di kota Pekanbaru karena 0 kasus covid, kata Camat.

Ditempat terpisah, Lurah Melebung Iin Syahrudin kepada Independensi mengatakan, pihaknya menyambut baik rencana Ibu Indah Camat Tenayan Raya yang akan melaksanakan lomba mancing mania di Kelurahan Melebung.

Apalagi Melebung berada di pinggiran Sungai Siak yang terkenal banyak ikan, dengan sendirinya mendorong warga lain untuk datang memeriahkan lomba mancing mania. “Kita siap melaksanakan lomba macing mania tersebut,” ujar Iin.

Azirdin tokoh masyarakat Melebung merasa terharu mendengar rencana Ibu Indah Camat Tenayan Raya yang akan melaksanakan acara lomba mancing mania di daerahnya sebelum puasa mendatang.

Selama ini, daerah Melebung ini sepertinya hanya dipandang sebelah mata oleh  pemangku kekuasaan di Kota Pekanbaru. Hal itu saya katakan bukan tanpa sebab, kata Azirdin.

Karena Melebung masih wilayah Kota Pekanbaru, namun jaringan telekomunikasi dan transportasi  di daerah ini sangat sulit.

Hari Senin (26/1) kemarin lanjut Azirdin, pihaknya menerima 10 unit sampan bantuan pemerintah dengan menggunakan dana kelurahan Melebung.

Dengan akan di adakannya nanti lomba mancing mania oleh Ibu Indah Vidya Astuti S.STP Camat  Tenayan Raya, maka dengan sendirinya acara itu nanti akan mengenalkan daerah ini ke daerah luar. Warga lain akan datang ke kampung Melebung memeriahkan acara mancing mania sekaligus menikmati sejuknya alam Melebung.

Kami warga Melebung menyambut baik pelaksanaan dan akan memeriahkan acara lomba mancing mania tersebut, dan siap dipilih membantu panitia pelaksana nantinya.

Mudah-mudahan, dengan acara tersebut, nama Melebung akan terangkat dari batang terendam yang selama ini kurang mendapat perhatian.

Termasuk jalan yang saat ini belum tembus ke Melebung, sehingga anak-anak pergi sekolahpun masih sangat sulit, karena harus keliling dari kawasan Meridan, ujar Azirdin yang juga pejabat Ketua RW 01 Kelurahan Melebung. (Maurit Simanungkalit)