Rumah Sakit Umum Daerah dr Hasbullah Abdulmajid Kota Bekasi. (ist)

Keterisian  RS Rujukan Covid-19 Kota Bekasi 68,52 Persen.

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Keterisian pemakaian tempat tidur di sejumlah rumah sakit rujukan di Kota Bekasi pada masa pendemi covid,19 hingga hari ini, 68,52 persen atau 1.328 dari total 1.938 tempat tidur. Jadi tempat  tidur kosong hingga masih tersedia 602 tempat tidur. Jadi, persentasenya masih normal.

“Berdasarkan ketentuan standar badan kesehatan dunia atau WHO, BOR dalam masa pandemi sebesar 60% dengan nilai normal BOR 60% sampai dengan 80%,” ungkap Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, kemarin.

Tingkat normal persentase BOR di Kota Bekasi disebabkan masyarakat  peduli terhadap kepatuhan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19 , dan tingkat keterisian tempat tidur RS Rujukan Covid-19 bisa berkurang.

Disebutkan, berbagai upaya agar tingkat pemanfaatan tempat tidur dalam masa pandemi terus menurun dengan memutus mata rantai penularan covid-19, meningkatan fungsi promosi kesehatan, meningkatan pelayanan essensial, adanya kekompakan dari lintas sektor dalam program penanggulangan Covid-19 dan program pemberian vaksinasi.

Pemerintah Kota Bekasi juga terus berupaya mensosialisaikan semua masyarakat agar tetap mentaati protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas (5M).

Seiring upaya penegakan protokol kesehatan yang terus digencarkan, Pemkot Bekasi terus menambah fasilitas kesehatan yang ada untuk menangani pasien Covid-19.  Hal itu dibuktikan peresmian  RSUD Kelas D Teluk Pucung Bekasi Utara. RSUD tipe D ini, dan dua RSUD tipe D lainnya dapat  digunakan untuk tempat isolasi dan perawatan pasien Covid-19 dengan dilengkapi.

Update jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 hingga Selasa (23/2/2021) sebanyak 32.764 kasus. Sebanyak 31185 sembuh, dan meninggal dunial 425. Tercatat hari ini jumlah kesembuhan sebanyak 492 orang.

Adapun  sebaran Covid-19 tertinggi sampai tanggal 23 Februari 2021 sebagai berikut:
1. Kecamatan Bekasi Barat, tertinggi di Kelurahan  Jakasampurna.
2. Kecamatan Bekasi Utara, di Kelurahan Harapan Jaya
3. Kecamatan Pondokgede, tertinggi di Kelurahan  Jati Bening
4. Kecanatan Rawa Lumbu, tertinggi di Kelurahan Pengasinan

5. Kecanatan Bekasi Timur, tertinggi di  Kelurahan  Arenjaya
6. Kecanatan Pondok Melati, tertinggi di Kelurahan  Jati Rahayu
7. Kecamatan  Bantargebang,  tertinggi di Kelurahan Bantargebang
8. Kecamatan  Bekasi Selatan,  tertinggi di Kelurahan Pekayon Jaya
9. Kecamatan Mustika Jaya,  tertinggi di Kelurahan Mustika Jaya
10. Kecamatan  Medan Satria,  tertinggi di Kelurahan Pejuang
11. Kecanatan  Jati Asih, tertinggi di Kelurahan Jati Luhur.
12. Kecamatan Jatisampurna,  tertinggi di Kelurahan Jatisampurna. (jonder sihotang)