Kapal pembersih sampah buatan Jerman dioperasikan di Kali Bekasi. (humas)

Kapal Pembersih Sampah Buatan Jerman, Dioperasikan di Kali Bekasi

BEKASI (IndependensI.com)- Kapal pembersih sungai “See Hamster” akhirnya resmi beroperasi untuk membersihkan Kali Bekasi dari keberadaan sampah. “See Hamster” resmi dilepas di Kali Bekasi dari titik perumahan Delta Pekayon, Senin (15/11/2021), untuk membersihkan sampaj.

Tiga unit kapal pembersih sampah “See Hamster” diterima  Pemerintah Kota Bekasi d hibah dari  Green Cycle-Schwarz dan One Earth One Ocean. Kapal pembersih buatan Jerman tersebut dioperasikan untuk membersihkan Kali Bekasi dari keberadaan sampah.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengucapkan terimakasih kepada seluruh ‘stakeholder atas usaha ini. Sebab persoalan sampah di Kota Bekasi cukup kompleks sehingga harus melibatkan seluruh elemen dalam mengatasinya, mulai dari pemilahan, pemisahan, dan proses pengangkutan sampahnya.

Managing Director Waste4Change Bijaksana Junerosano selaku fasilitator pengadaan hibah kapal menyampaikan studi terkait sampah di sungai Bekasi, bahwa setiap harinya ada 775 ton sampah yang berpotensi terbuang ke laut. Potensi sampah asal Kota Bekasi yang terbuang ke laut ini bahkan lebih besar dua kali lipat dibandingkan potensi sampah asal Jakarta, yakni 365 ton per hari.

Sebagaimana terjadi selama ini, di aliran Kali Bekasi yang hulunya dari Kabupaten Bekasi, terutama musim hujan dan air sungai meluap, banyak sampah terbawa dari hulu, sehingga mengakibatkan aliran sungai terganggu. Diharapkan, dengan keberadaan kapal tersebut, sungai alam tersebut terhindar dari sampah. (jonder sihotang)