Keterangan gambar, Ketua BPD Desa Lae Luhung, Bonar Tua Sitanggang (kanan), Kepala Desa Lumbansuhi Toruan Raja Sondang Simarmata (tengah), Kadus Dusun 6 Desa Lae luhung Budianto Sitanggang (kiri).

Ketika Semua Mata Tertuju ke Desa Lumbansuhi Toruan Samosir

Loading

SAMOSIR (Independensi.com) – Desa Lumbansuhi Toruan yang terletak di Kabupaten Samosir – Provinsi Sumatera Utara yang saat ini seluruh mata dunia khususnya Indonesia sedang tertuju ke desa ini.

Mengapa tidak, beberapa menteri dalam Kabinet Indonesia Maju sudah mengunjungi desa ini belum lama ini. Bukan hanya menteri, Presiden RI Joko Widodo beserta ibu negara bahkan sudah dua kali mengunjungi desa ini.

Desa yang memiliki kemajuan yang sangat pesat ini dipimpin oleh seorang kepala desa yang sangat arif, bijaksana dan cerdas. Ya Raja Sondang Simarmata adalah kepala desa di desa Lumbansuhi Toruan Kabupaten Samosir.

Kemajuan desanya yang sangat drastis berkat dipimpin oleh pemimpin yang bertangan dingin ini.

Salah satunya adalah Huta Raja (kampung ulos) yang saat ini menjadi salah satu fokus pemerintah pusat untuk melakukan pembangunan.

Melihat kemajuan desa Lumbansuhi Toruan Kabupaten Samosir ini, membuat salah satu Ketua BPD Desa Lae Luhung Kecamatan Siempat Nempu Hilir, Kabupaten Dairi hadir untuk bertemu dan berdiskusi dengan Kepala Desa Lumbansuhi Toruan ini.

Bonar Tua Sitanggang yang merupakan ketua BPD Desa Lae Luhung Kecamatan Siempat Nempu Hilir ingin mengatur waktu agar kepala desa Raja Sondang Simarmata dapat membagi ilmunya ke perangkat desa di desanya.

“Ya saya memang sengaja ingin bertemu dengan Bapak Kepala Desa Lumbansuhi Toruan ini karena kemajuan desanya yang sangat luar biasa pesat” kata Bonar Tua Sitanggang ketua BPD Desa Lae Luhung Kecamatan Siempat Nempu Hilir.

Bonar juga menambahkan bahwa dia ingin mengundang kepala desa ini  ke desanya untuk saling berbagi dan memberikan semangat kepada para perangkat desa di desanya.

“Saya melalui lembaga BPD ingin mengundang Bapak kepala desa Lumbansuhi Toruan untuk berbagi pengalaman atau yang sering dikatakan orang studi banding, agar para perangkat desa di desa ku bisa belajar dari Bapak Raja Sondang Simarmata selaku kepala desa di Desa Lumbansuhi Toruan” tambah Bonar.

Dalam kunjungan juga hadir Kadus dusun 6 Desa Lae Luhung Budianto Sitanggang. (Carter Silverius Sitanggang)