Titik Penyekatan Aktif Malam Ini, Polri Minta Masyarakat Tidak Kucing-kucingan untuk Mudik

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Kabaharkam Polri, Komjen Arief Sulistyanto, mengatakan 381 titik penyekatan mudik dari Sumatera Selatan hingga Bali mulai aktif malam ini pukul 24.00 WIB. Titik ini akan dijaga ketat aparat keamanan yang akan mengawasi masyarakat yang tetap nekat mudik meski sudah dilarang.

“Ada 381 titik penyekatan mulai aktif 24.00 nanti malam, diharapkan masyarakat tidak (mudik) kucing-kucingan,” katanya, dalam talkshow Jaga Keluarga, Tidak Mudik yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Rabu (5/5/2021).

Arief mengingatkan, mudik kucing-kucingan akan merugikan masyarakat sendiri karena membuang energi melakukan perjalanan namun tidak bisa sampai tempat tujuan. Sebab, seluruh perbatasan telah dijaga ketat sehingga tak ada celah bagi masyarakat untuk mudik.

“Dari seluruh jalur yang ada, bisa saja dia lewat jalur tikus tetapi jalur tikus itu tidak akan mungkin sampai ke lubang bawah tanah kan. Pasti akan ketemu jalur-jalur di mana merupakan jalur utama yang mau tidak mau harus lewat di situ. Pasti akan ketahuan dari penyekatan-penyekatan yang kita lakukan,” ujarnya.

Arief mengimbau sebaiknya masyarakat melakukan silaturahmi virtual untuk merayakan Lebaran Idulfitri kali ini. Dia menyebut, banyak sekali keuntungan yang diperoleh dari silaturahmi virtual.

Pertama, masyarakat tidak mengeluarkan ongkos perjalanan ke kampung halaman. Kedua, masyarakat bisa menghindari penularan Covid-19 di perjalanan saat mudik.

“Mari kita biasakan tradisi baru bahwa mudik digital itu keren, cukup di rumah ,” tandasnya.