Anies Minta Warga DKI Berlebaran di Rumah Saja Halal Bihalal Virtual

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat Ibu Kota tidak melakukan halal-bihalal saat Lebaran 2021. Ini dilakukan untuk menghindari penularan Covid 19.  Anies menjelaskan, seluruh kepala daerah wilayah Jabodetabek sudah bersepakat untuk tidak menggelar acara yang memicu kerumunan. Termasuk silaturahmi saat lebaran.

“Ada kesepakatan, terkait mengunjungi, bahwa masyarakat diprioritaskan untuk di rumah saja dan dianjurkan tidak mengunjungi (keluarga), baik lintas wilayah, antar kampung, kecamatan, kota, kabupaten, provinsi. Ini menjawab yang selama ini menjadi diskusi. Saling mengunjungi antar kecamatan kelurahan kampung tidak dianjurkan,” katanya, usai rapat koordinasi yang dihadiri Kepala Daerah Jabodetabek di Balaikota, Jakarta, Senin (10/5/2021).

Anies juga melarang para tokoh masyarakat menggelar open house saat perayaan Idulfitri 2021. Dia mengimbau agar masyarakat menggelar silaturahmi secara virtual saja. Surat edaran akan segera dikeluarkan oleh pihaknya dalam waktu dekat.

“Terkait kegiatan halal bihalal, open house dan mendatangi tokoh masyarakat, keluarga, teman, kerabat, dianjurkan menggunakan media virtual. Ketika perkantoran dimulai Senin, jangan diawali halal bihalal. Jangan ketemu salam-salaman, karena itu mengurangi ikhtiar kita memutus mata rantai Covid-19,” imbuhnya.

Begitu juga dengan perayaan takbiran, dia meminta agar hanya dilakukan di masjid lingkungan saja dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Maksimal 10 persen orang yang hadir.

Anies juga mengimbau masyarakat untuk salat Idulfitri di rumah masing-masing. Kalaupun ingin salat berjemaah di lapangan atau masjid, dilakukan di lingkungan kecil.

Salat tidak melibatkan orang luar. Hal ini demi mencegah terjadinya penularan Covid-19 yang dibawa dari orang yang tak dikenal. Jemaah yang hadir pun diminta tak lebih dari 50 persen kapasitas tempat.

“Terkait kegiatan Idulfitri. Salat Idulfitri, dianjurkan di rumah masing-masing. Bagi masyarakat yang salat di luar rumah, disarankan Salat Ied di daerah setempat, jangan pergi jauh untuk salat Id,” kata Anies.