Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja bersama Dirut PDAM Tirta Bhagasasi Usep Rahman Salim. (jonder)

Normalisasi Sungai Ciherang Pemkab Bekasi Kerjasama PDAM dan BJB

BEKASI (IndependensI.com)- Guna mengatasi banjir dan selama ini tejadi setiap musim penghujan, Pemerintah Kabupaten Bekasi, menormaliasasi Sungai Ciherang  di Kecamatan Sukakarya. Dalam pelaksanaanya, pemerintah daerah menggandeng Perusahaan Daeeah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi dan Bank Bjb.

Normalisasi dimulai  pekan lalu disaksikan
Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja. Diharapkan, dengan normalisasi ini tidak terjadi lagi banjir yang melanda perumahan dan persawahan warga masyarakat.

Bupati Eka menyebutkan, selain menggunakan dana dari Pemkab Bekasi, juga memanfaatkan dana corporate social responsibility (CSR)  dari Bank BJB dan PDAM Tirta Bhagasasi. Langkah ini dilalukan  untuk menormalisasi Sungai Ciherang sepanjang lebih dari 4 kilometer yang melintasi Kampung Kranding.

“Kita secepatnya akan turunkan alat berat untuk normalisasi sungai dengan mengeruk struktur tanah yang sudah mengalami abrasi dan membangun tanggul. Maka  ketika Ciherang meluap, kampung ini tidak terkena banjir,” kata Eka.

Camat Sukakarya Rusdi Azis bersama  menyambut gembira  langkah yang dilakukan Bupati Bekasi tersebut. Normalisasi Sungai Ciherang merupakan solusi terbaik untuk mengatasi bencana banjir di wilayahnya.

Disebutkan,  ada sekitar 800 kepala keluarga yang selama ini  terdampak banjir di Kampung Kranding tiap tahun jika terjadi banjir. Biasanya banjir ketinggian air lebih dari satu meter, ujarnya. (jonder sihotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *