Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat menandatangani kesepakatan bersama pengembang pemulihan Sungai Kali Cakung. (humas)

Antisipasi Banjir Kali Cakung: Pemkot   Bekasi dan Pengembang Bersepakat

Loading

 

BEKASI (IndependensI.com)- Pemkot Bekasi Jawa Barat dan Pengelola PT Kota Bintang Rayatri, menandatangi kesepakatan bersama
terkait  pemulihan alur Sungai Cakung yang selama ini sering terjadi banjir. Penandatanganan itu, dirangkaikan pada Apel Pegawai, Senin (15/11/2021).

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Direktur PT Kota Bintang Rayatri Suryadi Mulya bersepakat memulihkan fungsi alur Sungai Cakung sebagai antisipasi dari banjir yang kerap terjadi.

Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan A Djalil melakukan sidak ke area Grand Kota Bintang, dan ini menjadikan solusi dari Pemerintah Kota Bekasi dalam penanganan aliran Sungai Cakung.

Pemerintah Kota Bekasi mendorong pengembang Grand Kota Bintang untuk melakukan pelebaran ukuran Sungai Cakung. Sempitnya ukuran sungai mengakibatkan air meluap saat hujan deras. Dampaknya, banjir terjadi di underpass Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Segmen Kalimalang.

Dalam mengantisipasi dampak banjir karena sudah memasuki musim hujan, Wali Kota menyatakan segera membentuk tim di daerah-daerah yang menjadi prioritas saat banjir. Antisipasi untuk meminimalisasi dampak banjir dapat dilakukan juga dengan sosialisasi tentang tingkat kewaspadaan, katanya. (jonder sihotang)