Ilustrasi UMKM. (Dok/Ist)

Pemkot Bekasi Gencarkan Pembuatan NIB Untuk Pelaku UMKM

Loading

BEKASI (Independensi.com) – Dalam rangka ulang tahun perak 25 tahun Kota Bekasi pada 10 Maret 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggencarkan pelayanan pembuatan Nomor Izin Berusaha (NIB) bagi 1.000 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bekasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada 9-10 Maret 2022 di Mal Pelayanan Publik (MPP) Bekasi Trade Center (BTC).

“Dalam menyambut HUT ke-25 Kota Bekasi tentunya, kami menggelar layanan pembuatan NIB untuk 1.000 pelaku UKM di MPP BTC melalui Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA),” ujar Lintong Dianto Putra selaku Kepala DPMPTSP seperti dikutip dari rilis Humas Pemkot Bekasi, Rabu (9/3/2022).

Lintong menjelaskan, OSS merupakan sistem yang mengintegrasikan seluruh layanan perizinan berusaha yang menjadi kewenangan menteri/pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota yang dilakukan secara elektronik. Berbeda dengan perizinan berusaha berbasis eletronik OSS Versi 1.1, kini bertransformasi menjadi OSS – RBA yang dinilai berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha. Sebagaimana diatur dalam ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Tujuan digencarkannya layanan tersebut adalah guna memudahkan para pelaku UKM di Kota Bekasi untuk mendapatkan NIB. “Sekiranya jika masih ada para pelaku UKM yang produksi serta jual beli produk-produknya masih belum memiliki NIB, maka kami imbau untuk memanfaatkan layanan ini karena mudah dan nyaman, sehingga ada peluang tinggi untuk memasarkan produknya ke pangsa yang lebih luas dan banyak,” tambah Lintong.

Menyoal persyaratannya, Lintong mengatakan persyaratan pembuatan NIB di MPP BTC dengan membawa KTP, NPWP, dan menunjukkan sertifikat vaksin. “Cukup bawa KTP, NPWP, dan tunjukkan sertifikat vaksin melalui aplikasi Peduli Lindungi ke MPP BTC, maka akan kami layani dengan maksimal dan sepenuh hati,” imbuhnya Lintong.