Keluarga Besar TNI Unggul, NKRI Kuat, dalam Keadaan Aman

Loading

CIREBON (IndependensI.com) – Korem 063/SGJ menyelenggarakan kegiatan Komunikasi Sosial pembinaan dan pemberdayaan KB TNI TA. 2022 di Aula Makorem 063/SGJ Jalan Brigjend Darsono By Pass Kota Cirebon. Jumat ( 16/9/2022)

Kegiatan Komunikasi Sosial pembinaan dan pemberdayaan KB TNI TA. 2022 dengan tema SDM Keluarga Besar TNI unggul, NKRI kuat, dalam keadaan aman. Adapun Kegiatan ini bertujuan Memelihara dan memantapkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara bagi Keluarga Besar TNI khususnya KB FKPPI, GM FKPPI, PPM dan HIPAKAD guna mendukung tugas pokok TNI AD.

Di sela kegiatan tersebut Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Dany Rakca S.A.P menyampaikan TNI AD dalam rangka mencapai keberhasilan tugas pokoknya telah melaksanakan berbagai upaya dan tindakan sebagaimana diatur dalam UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Salah satu tugas TNI AD yaitu melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat dengan menyiapkan segala potensi dan sumber daya yang ada secara dini untuk kepentingan pertahanan negara di darat.

Komponen bangsa juga merupakan sumber daya yang perlu dipersiapkan untuk mendukung pertahanan negara dan pembangunan bangsa.

Salah satu komponen bangsa yang menjadi obyek pembinaan TNI AD dalam mendukung laju pembangnan dan untuk kepentingan pertahanan negara adalah Keluarga Besar TNI.

Danrem menambahkan organisasi keluarga besar TNI khususnya KB FKPPI, GM FKPPI, PPM dan HIPAKAD merupakan bagian dari keluarga besar TNI yang harus terus menerus dilakukan pembinaan dan pemberdayaan guna terus mendapatkan bekal untuk menghadapi perkembangan situasi yang semakin kompleks.

TNI AD melalui program pembinaan dan pemberdayaan keluarga besar TNI mengharapkan organisasi KB FKPPI, GM FKPPI, PPM dan HIPAKAD terus berkontribusi positif dam menjadi kepanjangan tangan TNI AD di setiap lini kehidupan berbangsa dan bernegara.

Meningkatnya rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara bagi seluruh keluarga besar TNI melalui kegiatan komunikasi sosial guna mewujudkan keeratan hubungan dalam rangka kepentingan pertahanan negara. 

Terbentuknya kader-kader pemimpin dari keluarga besar TNI khususnya KB FKPPI, GM FKPPI, PPM dan HIPAKAD yang berkepribadian dan memiliki Jiwa Pancasilais dan Nasionalis terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Meningkatnya pemahaman kader KB FKPPI, GM FKPPI, PPM dan HIPAKAD tentang mempertahankan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI AD

Danrem mengajak, KBT pelihara silahturahmi antar sesama dan buat kegiatan atau usaha yang produktif: antara lain ketahananan pangan, umkm, mendorong membentuk koperasi atau bentuk lain yg inovatif , kreatif bernilai ekonomis mendukung program Pemerintah Prediden Joko Widodo.

Lebih lanjut Danrem mengimbau agar kedepan tidak ada lagi diksi, narasi yg melemahkan institusi TNI, misalnya TNI seperti diksi kata Gerombolan dari oknum Anggota DPR-RI.

“Alhamdulilah, kejadian diatas sudah ada pernyataan klarifikasi minta maaf dan hal ini sangat baik untuk mencegah amarah kelompok masyarakat sehingga dapat berdampak kegaduhan dan kondusifitas di wilayah,” ucap Danrem.

Imbauan lainya ialah tentang kehati-hatian pernyataan dari anggota DPR-RI tentang diksi, narasi membahas hari Perjuangan TNI, hal ini telah menimbulkan persepsi yang berbeda terhadap Sejarah dan Doktrin TNI dan juga berpotensi melemahkan TNI termasuk KBTnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan napak tilas Museum Bahari SarwajalaTNI AL Kota Cirebon guna mendengar penjelasan dan peninjauan tokoh sejarah Museum Bahari Sarwajala.

Kegiatan ini dihadiri oleh Danlanal Cirebon, Danlanud Sugiri Sukani, Dandim 0614/Kota Cirebon, Para Kasi Korem 063/SGJ, Para Pasiter Dim Jajaran Rem 063/SGJ, Ketua Pepabri se wilayah Korem 063/SGJ, Ketua GM FKPPI se wilayah Korem 063/SGJ,) Ketua KB FKPPI se wilayah Korem 063/SGJ dan Ketua PPM se wilayah Korem 063/SGJ.