Tidak Terapkan TPPU, MAKI Praperadilankan Kejagung di Kasus BTS-BAKTI Kominfo

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Di saat sejumlah berkas perkara tersangkanya segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jakarta, Kejaksaan Agung yang menyidik kasus dugaan korupsi BTS-BAKTI Kementerian Kominfo justru akan dipraperadilankan
Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI).

“MAKI mengajukan praperadilan karena Kejagung  tidak menerapkan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) terhadap beberapa tersangka kasus BTS-BAKTI Kominfo,” ungkap Koordinator MAKI Boyamin Saiman dalam rilisnya, Kamis (15/06/2023).

Boyamin menyebutkan gugatan praperadilan tersebut akan didaftarkan pihaknya pada Kamis siang ini sekitar pukul 14.00 WIB di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Tapi untuk materi gugatannya akan diberikan setelah dilakukan pendaftaran di pengadilan,” tuturnya seraya menyebutkan tujuan gugatan praperadilan untuk mengejar pelaku lebih besar dan lebih luas.

Selain itu, kata dia, agar tidak menjadi pertanyaan  publik atau masyarakat dalam satu kasus diusut Korupsi dan TPPU. “Sedang dalam kasus yang lain atau tertentu hanya korupsi saja diusut, tapi TPPU nya tidak.”

Seperti diketahui dari tujuh orang yang sementara ini dijadikan tersangka kasus BAKTI Kominfo oleh Kejaksaan Agung, enam orang tersangka diantaranya segera diadili setelah berkas perkaranya dinyatakan lengkap.

Selain itu telah dilakukan penyerahan tahap dua atau tersangka berikut barang-bukti dari tim jaksa penyidik kepada tim jaksa penuntut umum yang kini juga sedang menyusun surat dakwaan.

Adapun ke enam tersangka yaitu Johnny Gerard Plate eks Menteri Komunikasi dan Informatika, Anang A Latif eks Dirut BAKTI Kominfo, Galumbang M. Simanjuntak selaku Dirut PT Mora Telematika Indonesia dan Yohan Suryanto selaku Tenaga Ahli Human Development pada Universitas Indonesia.

Kemudian tersangka Irwan Hermawan selaku Komisaris PT Solitech Media Sinergi dan Mukti Ali selaku Direktur Keuangan PT. Huawei Tech Invesment. Ke enamnya disangka melakukan korupsi.

Sedangkan satu tersangka lain Windi Purnama masih dalam proses penyidikan dengan memeriksa saksi-saksi. Dia juga sementara satu-satunya yang disangkakan melakukan TPPU.(muj)