(Kiri ke Kanan) - Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Werry Prayogi, Head of Motorsport Lamborghini, Giorgio Sanna dan Mars Ega Legowo Putra selaku Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga berfoto bersama saat acara kerjasama Official Technical Partner tim Lamborghini Squadra Corse pada acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (12/8/2023). (Istimewa)

Kerjasama Pertamina Lubricants dan Lamborghini Berlanjut

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – PT Pertamina Lubricants kembali melanjutkan kerjasama dengan divisi balap supercar Lamborghini Squadra Corse. Kolaborasi antara kedua pemimpin industri ini memasuki tahun yang ke-8. Dengan berlanjutnya kerjasama ini, oli Pertamina Fastron akan kembali menjadi Official Technical Partner Lamborghini Squadra Corse sampai tahun 2025.

Menyusul kegiatan kerjasama ini, Lamborghini Squadra Corse menghadirkan secara langsung Lamborghini Essenza SCV12 – hypercar edisi terbatas yang dikembangkan oleh Lamborghini Squadra Corse di booth Pertamina untuk pertama kalinya di Indonesia pada gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD, Tangerang Selatan.

“Kerjasama yang berkesinambungan ini jadi bukti nyata adanya energi yang sama dalam berinovasi, untuk menghasilkan nilai lebih di antara dua pemimpin industri kelas dunia, yaitu Lamborghini Squadra Corse dan Pertamina Lubricants. Hal ini juga membuktikan bahwa Pertamina Fastron merupakan oli dengan kualitas kelas dunia yang cocok digunakan pada supercar motor sport seperti Lamborghini,” ujar Werry Prayogi, Direktur Utama PT Pertamina Lubricants melalui keterangan tertulis, Senin (14/8/2023).

Pertamina Lubricants menjadi Official Technical Partner dalam semua ajang balap Lamborghini Squadra Corse di tahun 2023-2025. Oli buatan anak bangsa ini akan digunakan dalam balap Lamborghini Super Trofeo, GT3, World Endurance Championship, serta The International Motor Sports Association Championships untuk kategori hypercar Le Mans Daytona Hybrid.

Kehadiran oli Fastron pada berbagai ajang balap supercar kelas dunia tersebut merupakan bentuk wadah riset dan eksperimen yang kelak menjadi acuan pengembangan teknologi, baik oli Pertamina Lubricants dan mobil supercar Lamborghini di masa depan.

Tantangan Cuaca Ekstrim

Awalnya kerjasama ini bermula dari tantangan yang dihadapi Lamborghini Squadra Corse dalam mengembangkan balap Super Trofeo di benua Asia yang memiliki iklim cukup ekstrim ketika musim panas. Dalam merespons tantangan tersebut, maka di tahun 2015, Pertamina Lubricants, bekerjasama dengan Lamborghini Squadra Corse melakukan pengembangan oli baru Fastron Platinum Racing 10W-60 dengan spesifikasi khusus untuk digunakan dalam balapan Super Trofeo.

“Kami telah merasakan teknologi yang berkualitas dari Pertamina Lubricants selama beberapa tahun terakhir dan telah mencapai hasil yang luar biasa di lintasan balap di seluruh dunia. Kami berharap untuk memasuki era baru dengan mengembangkan oli berkinerja tinggi dan teknologi yang berkelanjutan dengan menggunakan kompetisi ketahanan di GT3 dan LMDh, sebagai tolak ukur terbaik yang menggabungkan kinerja dan kehandalan,” ungkap Giorgio Sanna, Head of Motorsport Lamborghini.

Dengan riset yang komprehensif serta pengujian yang ketat di laboratorium berstandar dunia serta diuji coba dalam berbagai kondisi, Pertamina Lubricants membuktikan bahwa Pertamina Fastron sebagai oli kelas dunia kebanggaan Indonesia memahami semua mobil, termasuk Lamborghini.

Mars Ega Legowo Putra, Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga menambahkan “Ini menunjukan bahwa produk Pertamina Patra Niaga dan seluruh Anak Perusahaannya, seperti Pertamina Fastron terbukti hadir sebagai produk kelas dunia yang pengembangannya terus dilakukan agar menjawab teknologi dan kebutuhan otomotif Indonesia di masa depan,” tukasnya.

PT Pertamina Lubricants akan terus mengembangkan produk oli yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan konsumen untuk pasar Indonesia yang terus berkembang pesat. Sedangkan Lamborghini sebagai brand global, memiliki kehadiran yang seimbang di tiga wilayah besar yaitu Amerika, Eropa/Timur Tengah/Afrika, dan Asia Pasifik. Dengan dukungan lebih dari 2.000 karyawan dan pertumbuhan yang konstan, Lamborghini berkomitmen untuk masa depan yang berkelanjutan dan berencana untuk mengenalkan model bertenaga listrik. (IST)