Duta Besar Iran, Mohammad Boroujerdi (tengah), Rektor UMRAH, Prof. Agung Dhamar Syakti (kedua kanan) dan Mohammad Reza Ebrahimi (kiri)

UMRAH Jajaki Kerja Sama dengan Universitas di Iran

Loading

TANJUNG PINANG – Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Prof. Agung Dhamar Syakti, sedang gencar membangun jaringan dengan berbagai universitas di luar negeri agar bisa sejajar dengan perguruan tinggi negeri lainnya dalam aspek kerja sama internasional. Terkait hal ini, Rektor UMRAH melakukan courtesy call ke Kedutaan Besar Iran di Jakarta, Jumat (10/11). Agung diterima oleh Duta Besar Mohammad Boroujerdi yang didampingi oleh Konselor Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Reza Ebrahimi.

“Iran berada di antara dua laut (Laut Kaspia dan Teluk Persia, ed) sama seperti Indonesia. Itu artinya Iran juga sama-sama negara maritim. Situasi inilah, salah satunya, yang membuat UMRAH ingin membangun kerja sama dengan universitas yang ada di Iran dalam bidang kemaritiman,” kata Agung.

Mengingat Iran merupakan salah satu negara dengan kemajuan riset yang cukup luar biasa, lanjutnya, kerja sama yang akan dibangun juga akan meliputi bidang lainnya. Dan, pertemuan dengan Duta Besar Boroujerdi diharapkan menjadi pembuka jalan untuk itu.

Duta Besar Mohammad Boroujerdi menyambut baik kedatangan Rektor UMRAH, Prof. Agung Dhamar Syakti dan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi UMRAH untuk berkerja sama dengan berbagai universitas di Iran. Pihak kedutaan siap memfasilitasinya.

“UMRAH dapat berkerja sama, misalnya, dengan Chabahar Maritime University. Atau, dengan Iranian National Institute for Oceanography and Atmospheric Science,” ujar Boroujerdi.

Duta Besar juga menyampaikan harapannya agar dapat didirikan Iran Corner di UMRAH sebagai wahana memperkenalkan budaya Iran kepada publik di Kota Tanjung Pinang khususnya dan Provinsi Kepulauan Riau pada umumnya. Menurut Boroujerdi, sesungguhnya antara Iran (Persia, ed) dan Melayu sudah terjalin hubungan budaya sejak zaman jalur sutra dan hal ini dapat dihidupkan kembali melalui keberadaan Iran Corner di UMRAH. Ditambahkannya, saat ini sudah berdiri delapan Iran Corner di beberapa kampus di Indonesia.

Prof. Agung merespon positif harapan tersebut dan akan mengalokasikan sebuah ruangan di kampus UMRAH di bawah Unit Penunjang Akademik Bahasa. Dalam pertemuan Rektor menyampaikan undangan kepada Duta Besar agar dapat mengunjungi UMRAH secara langsung. (SR)