Tim YPA-MDR berfoto bersama pada acara Media Gathering yang mengusung tema “Bergerak Pantang Menyerah untuk Masa Depan Pendidikan Indonesia” di Jakarta, Senin (4/12/2023). (Istimewa)

YPA-MDR Pantang Menyerah Demi Masa Depan Pendidikan Indonesia

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menggelar Media Gathering yang mengusung tema “Bergerak Pantang Menyerah untuk Masa Depan Pendidikan Indonesia” di Jakarta, Senin (4/12/2023). Pada kesempatan tersebut, YPA-MDR berbagi informasi terkait aktivitas selama 2023 dan rencana program Kontribusi Sosial Keberlanjutan Astra Untuk Indonesia Cerdas yang akan dilaksanakan di tahun 2024.

Yayasan pendidikan di bawah naungan grup Astra ini berkontribusi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar memiliki kecakapan hidup yang dapat meningkatkan kesejahteraan di wilayahnya, mencintai seni budaya lokal, dan memiliki karakter yang didasari nilai-nilai luhur Indonesia. Selain itu turut membangun baik sarana fisik maupun prasarana demi masa depan pendidikan di Tanah Air.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Gunawan Salim.

“Pada tahun 2024, YPA-MDR senantiasa berkomitmen untuk melanjutkan misi sebagai agen perubahan dalam meningkatkan mutu pendidikan di wilayah tertinggal dan strategis bersama berbagai pemangku kepentingan daerah melalui sinergitas pembinaan yang terintegrasi seperti di SDN 020 Sepaku, Ibu Kota Nusantara (IKN) dan wilayah lainnya yang melibatkan Pemerintah Daerah, Dinas Pendidikan, Sekolah, dan Komite Sekolah yang bergerak bersama untuk mencapai status sekolah unggul,” ujar Gunawan Salim selaku Ketua Pengurus YPA-MDR.

Gunawan menambahkan, yayasan memberikan asistensi di bidang pendidikan pada sekolah-sekolah negeri di daerah bekerjasama dengan dinas pendidikan terkait dan pemerintah daerah setempat. Menurut Gunawan, yayasan membuka kesempatan bagi siswa-siswa di daerah tertinggal untuk mendapat pendidikan terbaik yang nanti menjadi bekal untuk hidupnya. “Karena tidak semua anak-anak disana mendapat akses pendidikan yang memadai. Kami membantu pemerintah melalui kegiatan yang dilakukan,” imbuh Gunawan.

Kompetensi Pendidik

Pembekalan yang diberikan oleh YPA-MDR dilakukan sebagai upaya peningkatan kompetensi guru, kepala sekolah, manajemen sekolah, dan komite sekolah untuk mencapai standar pendidikan yang berlaku sesuai dengan Kurikulum Merdeka yang diberlakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Hal ini bisa dibuktikan melalui status sekolah binaan yang meraih Akreditasi A, Predikat Sekolah Unggul, sertifikat ISO 9001: 2015, sekolah
berbasis Information and Communication Technology (ICT), sekolah berbasis riset, dan Sekolah Adiwiyata.

Pada tahun 2023, YPA-MDR menambah wilayah binaan baru, yaitu 11 sekolah di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur dan 15 sekolah di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN). Kami memperkuat dua wilayah ini dengan mengirimkan 26 Guru Muda Garda Depan (GMGD) yang berperan sebagai agen perubahan untuk memajukan pendidikan di sekolah binaan. Selain itu, YPA-MDR mengadakan Festival Generasi Cerdas di Kecamatan Rote Barat, Kabupaten
Rote Ndao yang dimeriahkan dengan berbagai macam lomba dan festival seni budaya.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melaksanakan Groundbreaking Revitalisasi salah satu sekolah binaan YPA-MDR di SDN 020 Sepaku di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada 1 November 2023 merupakan titik awal pembinaan sekolah di wilayah baru sebagai solusi untuk mencapai sekolah unggul yang berwawasan global. Presiden pun mengekspresikan kebahagiaannya menyusul kontribusi pihak swasta dalam membangun infrastruktur pendidikan bangsa, sekaligus mengapresiasi komitmen Yayasan Pendidikan Astra untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kawasan IKN.