Gus Falah : Kirim LNG Ke Smelter, PGN Serius Dukung Hilirisasi

Loading

Jakarta- Anggota Komisi VII DPR-RI Nasyirul Falah Amru (Gus Falah) menyatakan, kebijakan PT PGN Tbk, melalui PT Pertagas Niaga (PTGN), menyalurkan gas alam cair (LNG) kepada pelanggan smelter di Sulawesi Tenggara membuktikan BUMN itu serius mendukung hilirisasi mineral.

Gus Falah menyatakan, smelter merupakan manifestasi dari hilirisasi yang sedang gencar didorong pemerintah.

“Dengan smelter, peningkatan nilai tambah material mentah produksi pertambangan di Indonesia, dilakukan. Maka dengan memasok LNG ke smelter, PGN sudah menunjukkan keseriusannya dukung hilirisasi,” ujar Gus Falah dalam keterangan tertulis, Selasa (9/1/2024).

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, pasokan LNG ke smelter ini juga menunjukkan PGN Group serius membumikam energi rendah emisi dan ramah lingkungan.

Terobosan bisnis berupa LNG skala kecil itu, menurut Gus Falah juga bisa mendorong terwujudnya pemerataan penggunaan gas bumi.

“Dengan begitu, gas bumi dapat diakses di berbagai wilayah di Indonesia, ini terobosan yang jitu, menurut saya,” ungkap Gus Falah.

Sebelumnya, PTGN menyalurkan LNG dari PT Kayan LNG Nusantara (Kayan) di Kalimantan Utara ke Sultra mulai awal 2024 ini dengan menggunakan 25 unit isotank berukuran 40 ft sebagai moda transportasinya. Alokasi LNG dari Kayan itu akan mendukung pengembangan bisnis mini LNG bagi PGN dan domestik.

Hal itu dikarenakan proyek tersebut merupakan pengembangan LNG skala kecil yang pertama di Indonesia.