Gus Falah : Kebijakan Energi Ganjar Sejalan Dengan Transisi Energi

Loading

Jakarta- Anggota Komisi VII DPR-RI Nasyirul Falah Amru (Gus Falah) menyatakan, kebijakan Calon Presiden Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo di bidang energi selama memimpin Jawa Tengah, sejalan dengan transisi energi yang didorong oleh Pemerintahan saat ini.

Gus Falah mengungkapkan, selama menjadi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar terbukti sukses mendorong program ekonomi hijau di desa-desa, yang berbuah pada Desa Mandiri Energi.

“Selama menjadi Gubernur Jawa Tengah, mas Ganjar telah membangun 2.369 desa mandiri energi, desa-desa itu hidup dari berbagai jenis energi baru terbarukan seperti tenaga surya, hydro, hingga panas bumi,” ungkap Gus Falah, Senin (15/1/2024).

Politisi PDI Perjuangan itu melanjutkan, Desa Mandiri Energi adalah kebijakan resmi Pemerintahan Presiden Jokowi melalui Kementerian ESDM.

Gus Falah mengungkapkan, kebijakan itu termaktub dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 25 Tahun 2013 tentang Perubahan Peraturan Menteri ESDM No.32 Tahun 2008 tentang Penyediaan, Pemanfaatan, dan Tata Niaga Bahan Bakar Nabati (Biofuel).

Dan yang dimaksud dengan Desa Mandiri Energi adalah desa yang mampu mendayagunakan sumber energi lokal berbasis Energi Baru Terbarukan seperti tenaga surya, mikrohidro, panas bumi dan sampah untuk memasok lebih dari 60% kebutuhan energi bagi desa tersebut.

” Provinsi Jawa Tengah pun menjadi percontohan nasional dalam bidang kemandirian energi, ini bukti kinerja mas Ganjar itu nyata mendorong transisi energi,” ungkap Gus Falah.

Anggota DPR Dapil Jatim X itu melanjutkan, desa mandiri energi menjadi solusi jitu untuk mengoptimalkan penggunaan energi baru terbarukan.

Sebab sebagian besar sumber energi terbarukan memang berada di wilayah perdesaan.

“Maka tak heran bila mas Ganjar sukses mewujudkan Desa Mandiri Energi, dan ini akan diteruskan bila beliau dan Prof Mahfud diberi amanat oleh rakyat untuk memimpin Indonesia,” pungkas Gus Falah.