Foto : Titik gempa berdasarkan pantauan BMKG

Gempa Berkekuatan 6.0 Skala Richter Guncang Gresik dan Sekitarnya

Loading

GRESIK (independensi.com) – Masyarakat Kabupaten Gresik Jawa Timur, dibuat kaget oleh adanya getaran akibat gempa bumi, yang terjadi dua kali pada sekitar pukul 11.21 WIB dan gempa susulan sekitar 12.36 WIB. 

Gempa yang terjadi, sempat membuat sejumlah mahasiswa di Universitas Muhamadiyah Gresik panik dan berhamburan keluar gedung. Bahkan, warga yang sedang berada didalam rumahnya merasakan getaran.

“Ya tadi saya merasakan getaran saat sedang berada di ruang tamu, terus saya lihat air di aquarium bergoyang,” katanya salah seorang warga Randuagung Gresik, Roro, Jumat (22/3).

Sementara dampak dari gempa bumi yang terjadi beberapa bangunan, seperti Masjid di Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean Gresik mengalami kerusakan cukup parah.

Bahkan, sejumlah orang jamaah Masjid di Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean Gresik, yang sedang mendengarkan Khutbah sholat Jumat panik dan ada yang langsung berhamburan keluar saat merasakan getaran.

Selain di Gresik, gempa juga terasa di wilayah lain di Jawa Timur. Seperti, Surabaya, Lamongan, Tuban dan Malang.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), titik gempa terjadi di Utara Pulau Jawa yakni di , Lok:5.74 LS,112.32 BT atau di 132 km Timur Laut Kabupaten Tuban Jawa Timur.

Pusat gempa berkekuatan 6.0 skala richter tersebut berada di kedalaman 10 Km. Meski demikian, gempa dilaporkan tidak berpotensi tsunami. (Mor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *