Peserta Kolunas 2022 menceritakan kegiatannya di bocah.org.

Masuk Tahap 25 Besar, Kolunas 2022 Semakin Ketat

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Panitia Kontes Lukis Anak Nasional (Kolunas) II Tahun 2022, mengaku pusing untuk menentukan 25 Besar Karya Favorit. Pasalnya, semua karya yang terpilih pada tahab sebelumnya semuanya bagus dan memiliki keunikan.

Direktur Kolunas II Tahun 2022, Gunawan Julianto menyampaikan hal ini dalam keterangannya, Sabtu (16/4/2022).

“Karya-karya benar-benar spesial. Dalam arti, semua bagus dan menarik. Kami yakin Dewan Juri yang terdiri dari para profesional bidang senirupa, pasti akan kesulitan untuk menentukan karya favorit mereka di tahap selanjutnya,” kata Gunawan dalam surat elektronik yang diterima IndependensI.com.

Menurut Gunawan, peserta yang karyanya masuk dalam 25 Besar Karya Favorit berasal dari sejumlah provinsi. Di antaranya, Provinsi Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Bengkulu, Jambi, Lampung, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bali, Banten, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakartan(DIY), dan Jawa Timur.

“Pengumuman 25 Besar Karya Favorit Kolunas 2022 berlangsung mulai tanggal 9 sampai dengan 11 April 2022 yang lalu, melalui email kepada peserta,” ujar Gunawan.

Tambahan Kuota

Gunawan menyampaikan bahwa karya yang bagus-bagus membuat pada tahap ini, Panitia membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menentukan 25 Besar Karya Favorit 2022.

“Yang berdampak pula pada waktu pengumuman yang relatif lebih panjang, karena Panitia harus mengakomodasi diskusi yang seru untuk menentukan karya yang masuk sebagai 25 Besar Karya Favorit 2022,” tambah Gunawan.

Kendati nama tahap seleksi adalah 25 Besar Karya Favorit 2022, sebenarnya, menurut Gunawan, Panitia memilih total 30 karya pilihan untuk tiap kelas. Hal ini karena 30 karya tersebut mempunyai keistimewaan tersendiri.

Peserta Wajib Mengirim Karya

Gunawan mengingatkan seluruh peserta yang karyanya masuk 25 Besar Karya Favorit wajib mengirimkan gambar atau lukisan aslinya kepada Panitia. Syarat ini penting dipenuhi peserta dalam mengikuti babak selanjutnya, yang merupakan tahap terakhir penjurian.

Panitia menunggu hasil karya asli hingga tanggal 23 April 2022 pukul 23.59 WIB.

Pada kesempatan bertemu media kali ini, lagi-lagi Gunawan mengajak semua peserta Kolunas 2022, tak terkecuali, untuk terus berkarya. Karya berupa cerita bebas. Bisa dalam bentuk tulisan, foto kegiatan, dan film, atau gabungan dari cara-cara tersebut.

Tujuh Hadiah untuk Tujuh Cerita Peserta

“Peserta silakan mengirimkan karya tersebut melalui email konteslukis@gmail.com,” ujar Gunawan yang sebelum pandemi, rutin menyelenggarakan Festival Seni Tradisi Anak, Festival Tlatah Bocah.

Gunawan menyampaikan bahwa Panitia menunggu kiriman cerita untuk laman Bocah.org ini sampai tanggal 30 April 2022.

“Ada apresiasi atau hadiah berupa tujuh paket cenderamata dari Panitia untuk tujuh karya terpilih yang telah dimuat di Bocah.org,” ujar Gunawan.

Ajak Teman Berikan Komentar

Gunawan selanjutnya mengajak untuk mengunjungi laman Bocah.org, untuk menikmati kisah dari kawan-kawan yang telah mengirimkan cerita mereka.

“Oh ya, jangan lupa mengajak teman-teman, para sahabat, dan saudara kalian untuk mengunjungi Bocah.org,” saran Gunawan.

“Minta teman-teman, para sahabat, dan saudara kalian untuk memberikan komentar di bagian bawah cerita kalian,” ajaknya lagi.

“Kamu sendiri tentu juga bisa memberikan komentar untuk cerita-cerita yang dibuat temanmu di Bocah.org,” tambah Gunawan.

Gunawan juga mengingatkan bahwa selain dimuat di laman Bocah.org, karya para peserta juga dimunculkan di Instagram, Facebook, dan Twitter Kolunas 2022.

“Yuuk kirimkan gambar, foto, tulisan, dan atau film kegiatanmu. Apa saja. Kabari kami via email ke KontesLukis@gmail.com, yaa..,” ajak Gunawan lagi.