Imbas Mahalnya Tiket Pesawat, Penggunaan Bus Antar Kota Melejit 300 Persen

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) –  Head of Growth Management Transportation Product Traveloka, Iko Putera mengatakan, mahalnya harga tiket pesawat membuat masyarakat mengalihkan moda angkutan Lebaran yang digunakan. Pihaknya mencatat peningkatan moda transportasi darat, seperti kereta dan bus antarkota.

“Isu mengenai tiket pesawat. Tapi itu juga kita lihat impact ke moda transportasi darat yang lain,” kata dia, di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Berdasarkan survey internal yang dilakukan Traveloka, penggunaan moda transportasi kereta meningkat 30 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu. Namun peningkatan yang signifikan terjadi pada penggunaan bus antarkota sebagai moda transportasi mudik Lebaran.

“Untuk bus antarkota ini dibandingkan normal kita lihat sangat signifikan, bisa 300 persen. Ini fenomena yang sangat menarik Mungkin dampak dari dinamika harga tiket pesawat dan infrastruktur yang akhir-akhir ini berkembang,” jelas dia.

Harga yang terjangkau, lanjut Iko, memang menjadi pertimbangan bagi masyarakat untuk lebih memilih bus antarkota. Masyarakat akan berhemat cukup besar jika menggunakan bus antarkota.

“Misalnya mau dari Jakarta mau ke Solo, Jogja, Semarang, Surabaya dan Malang. Ke Solo naik bus harganya Rp 280 ribu. Dibandingkan pesawat lebih murah sekitar Rp 700 ribu. Jakarta ke Jogja Rp 280 ribu sampai Jogja. Kalau pesawat udah pasti Rp 1 juta lebih,” ujar dia.

“Jakarta-Surabaya Rp 350 ribu (pakai bus). Kalau dibandingkan dengan pesawat bisa hemat Rp 900 ribu. Mungkin karena komposisi harga tiket seperti ini mendorong animo masyarakat untuk menggunakan bus,” imbuhnya. (dny)