Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Ketua MPR Sosialisasikan Empat Pilar ke Praktisi Interdependent

 

BANDUNG (IndependensI.com) – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dijadwalkan memberikan materi sosialisasi Empat pilar kepada sekitar 800 praktisi Citizen Journalism Interdependent di Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/6/2017).

Sosialisasi Empat Pilar yang disampaikan MPR RI kepada masyarakat meliputi, Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sosialisasi Empat Pilar kepada sekitar 800 orang praktisi Citizen Journalism Interdependent yang sebagian adalah mahasiswa, menurut Humas MPR, akan dipusatkan di Aula Ki Hajar Dewantara di Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, mulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Zulkifli Hasan, sebelumnya, saat memberikan materi sosialisasi Empat Pilar kepada mahasiswa di Bandung, mengingatkan agar semua elemen bangsa Indonesia, termasuk mahasiswa, dapat mengimplementasikan prinsip dari Empat Pilar kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam kehidupan sehari-hari.

“Bangsa Indonesia sepatutnya memahami nilai-nilai luhur Pancasila dan menerapkannya dalam perilaku kehidupan sehari-hari,” katanya.

Salah satu contohnya, kata dia, adalah menghargai adanya keberagaman di antara masyarakat Indonesia, yang merupakan wujud dari bhinneka tunggal ika.

Zulkifli mencermati, akan muncul adanya persoalan kebhinekaan di tengah masyarakat Jawa Barat, yakni pada proses pemilihan gubernur Jawa Barat pada pilkada serentak tahun depan.

Menurut dia, masyarakat Indonesia adalah heterogen yakni beragam suku bangsa, budaya, dan latar belakang, tapi perbedaan tersebut justru harus saling mengisi dan menjadi satu kesatuan yang menguatkan Indonesia.

Zulkifli mengingatkan, masyarakat untuk saling menghargai perbedaan guna menjaga persatuan bangsa.(antara/kbn)