Pelatih Persipura Jayapura Wanderley Machado da Silva Junior (tengah) berdiskusi bersama dua asistennya sesaat sebelum uji lapangan Minggu (2/7/2017) sore.

Lawan Mitra Kukar, Debut Perdana Wanderley di Mutiara Hitam

JAYAPURA (IndependensI.com) – Besok sore Senin (3/7/2017) paska libur Idul Fitri, putaran Liga I Gojek Traveloka akan kembali digelar. Kali ini tim tuan rumah Persipura Jayapura akan menjamu kesebelakan negeri Borneo, Mitra Kukar FC di Stadion Mandala Jayapura.

Laga ke 102 ini merupakan debut perdana pelatih asal Brasil Wanderley Machado da Silva Junior di tim Mutiara Hitam.

Saat konferensi pers sehari sebelum pertandingan, dihadapan wartawan olahraga, Pelatih Kepala Wanderley menyatakan rasa syukurnya dapat mengarsiteki Boas Sallosa dkk.

Soal kesiapan menghadapi laga besok sore, menurutnya sangat luar biasa. Semua yang dipikirkannya sebagai pelatih dan dilihatnya saat latihan sangat luar biasa. Sebab didalam tim sendiri sudah ada rasa kebersamaan sebagai sebuah keluarga.

“Jadi melihat ini saya bisa mengekspekstasi kita bisa raih 3 poin dari laga perdana saya melatih Persipura. Saya melihat banyak kemajuan,”ujarnya dengan nada optimis, Minggu sore tadi (2/7/2017).

Sebagai arsitek baru di tim berjuluk Mutiara Hitam. Menurutnya tidaklah perlu banyak perubahan. Sebab diantara para pemain ada yang sudah merumput di tim kebanggaan orang Papua itu selama lima tahun lebih.

“Saya datang tidak membuat hal baru tidak ada. Hanya saya minta kepada pemain untuk konsentrasi apa yang manajemen targetkan yakin dapat menjadi juara di musim ini. Untuk itu kita pribadi sebagai pelatih, pemain dan asisten harus siap,”tuturnya.

Sehingga untuk pertandingan besok sore jika ingin menjadi juara maka Persipura harus menang dan melewati semua lawannya di sisa musim ini.

Namun demikian dirinya memberikan hormat dan tidak menganggap remeh kepada Pelatih Mitra Kukar Jafri Sastra bersama skuadnya yang juga sudah malang melintang di liga Indonesia.

“Saya harap anak – anak kita bisa lakukan dan keluarkan seluruh kemampuannya tidak lebih dan tidak kurang. Kita minta mereka harus enjoy dan gembira. Sebab sepakbola bisa main luar biasa jika kita enjoy,”tuturnya.

Laga besok ada tiga pemain yang tidak bisa diturunkan yakni Dominggus Fakdawer akibat cedera. Ferdinando Pahabol karena sakit malaria dan saat ini sedang dirawat intensif di RS Katolik Dian Harapan serta sang kapten Boas Sallosa yang juga tidak dapat diturunkan akibat akumulasi kartu

Namun demikian hal itu tak mempengaruhi dan mengurangi kinerja tim di lapangan. Karena banyak pemain bagus dalam tim “ Kita tidak boleh selalu pikir negatif dan selalu melihat dari sisi positif tentunya dengan bantuan Tuhan,”tuturnya dengan nada optimis.

Ricandino Dimainkan ?

Sementara itu menjawab pertanyaan wartawan apakah akan menurunkan pemain tengah asal Brasil, Ricandino sebagai stater. Pelatih yang juga pernah melatih Perseman Manokwari itu bertutur dari 30 pemain Persipura, semua mempunyai kualitas yang sama. Namun yang nantinya akan berlaga di lapangan hanya 11 orang.

Soal Ricandino pemain ini juga mempunyai kualitas yang sangat baik. Namun sebagai pelatih dirinya mengaku sangatlah tidak etis apabila menyebutkan apakah pemain ini akan diturunkan atau tidak. Sebab Persipura masih mempunyai satu kali sisa latihan. Dari situlah baru dapat diketahui pemain mana saja yang akan diturunkan pada laga besok nanti.

“Tetapi kami akan mengumumkan besok pagi baru bisa kita beritahukan. Pemain mana yang akan diturunkan sebagai stater,’ujarnya dengan nada diplomatis.

Sementara itu pemain muda Persipura Friska Womsiwor menegaskan dipertandingan besok dirinya bersama semua pemain siap dan fokus untuk raih poin penuh di kandang sendiri. (Odeodata h Julia)