Pengguna Bertambah, Facebook Untung Besar

JAKARTA (IndependensI.com) – Facebook mengumumkan lonjakan keuntungan pada kuartal kedua tahun ini, Rabu (26/7/2017). Profit tersebut didapat dari terus bertambahnya jumlah pengguna dan iklan yang menyertainya.

Keuntungan bersih jejaring sosial itu sepanjang kuartal kedua 2017 naik 71 persen dibanding tahun lalu menjadi US$3,9 miliar. Pendapatan mereka naik 45 persen menjadi US$9,3 miliar.

Rapor bagus itu diikuti dengan kenaikan harga saham Facebook. Kenaikannya sekitar 3,4 persen menjadi US$171,35 per lembar.

“Kami melewati kuartal kedua dan paruh pertama tahun ini dengan baik,” kata bos Facebook, Mark Zuckerberg, seperti dikutip AFP, Kamis (27/7/2017).

“Komunitas kami kini terdiri atas dua miliar orang dan kami tetap fokus membuat dunia semakin dekat dengan mereka,” ujarnya.

Jumlah orang yang menggunakan Facebook setidaknya sekali dalam satu bulan terhitung sekitar 2,01 miliar orang di akhir Juni. Jumlah tersebut naik 17 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Sebagian besar pendapatan Facebook diraih dari iklan. Sekitar 87 persen di antaranya adalah iklan yang muncul di perangkat bergerak seperti telepon seluler dan tablet.

“Dengan terus pesat dan sehatnya pertumbuhan Facebook, kecemasan terkait keterlibatan pengguna dan pesaing bisa diabaikan,” kata analis dari Baird Equity Research, Colin Sebastian.

“Tidak banyak perusahaan yang punya kemiripan dengan Facebook dalam hal skala, orientasi teknologi yang kuat, dan keragaman platform,” ujarnya.

Jan Dawson, analis di Jackdaw Research, yakin pertumbuhan Facebook belum akan melambat dalam waktu dekat.

Kenaikan pendapatan diiringi naiknya pengeluaran. Perusahaan yang bermarkas di Silicon Valley itu mengeluarkan US$4,9 miliar, naik 33 persen dibanding tahun lalu, untuk terus mempercantik platformnya dan membuat inovasi baru.