Rivani Adelia Sihotang mengamati arah bola yang dipukulnya pada hari terakhir OJAO III International 2017 di Emeralda Golf Club, Cimanggis, Jawa Barat, Kamis (27/7/2017). (Toto Prawoto)

Rivani Juara OJAO III Tanpa Selebrasi

JAKARTA (IndependensI.com) – Rivani Adelia Sihotang berhasil menjuarai nomor perorangan putri OJAO III International 2017 di Emeralda Golf Club, Cimanggis, Jawa Barat. Pada ronde ketiga, Kamis (27/7/2017), pegolf DKI Jakarta itu menyelesaikan lomba dalam 68 pukulan. Hasil itu cukup untuk menempatkannya di posisi teratas Best Gross Overall dengan total 211 pukulan.

Papan skor yang memperlihatkan hasil pertandingan kelompok putri OJAO III International 2017.

Namun Rivani tidak merayakannya karena di saat yang sama dia mendapatkan kemalangan. Ayahnya, David Sihotang, meninggal saat menyaksikan Rivani bertanding. David, yang merupakan karateka nasional era 1980an, mengalami serangan jantung. David sempat dibawa ke rumah sakit, namun nyawanya tidak dapat diselamatkan.

Seorang sumber yang dekat dengan panitia turnamen mengatakan bahwa Rivani sedang bermain di lubang ke-14 saat sang ayah tidak sadarkan diri. Sumber itu mengatakan kabar duka tersebut baru disampaikan setelah Rivani menyelesaikan lomba dan menandatangani score card. Mendiang David kemudian disemayamkan di rumah duka Rumah Sakit Saint Carolus, Jakarta.

Sebelum pembagian hadiah untuk para pemenang, panitia meminta semua peserta dan hadirin mengheningkan cipta. Para pegolf putri juga kemudian memperlihatkan solidaritasnya buat Rivani dengan berkeliling mengumpulkan uang tanda duka cita dari para hadirin.

Ketua Olympic Golf Club, Au Bintoro (kiri), berfoto dengan para pegolf putri yang mewakili Rivani Adelia Sihotang menerima trofi juara OJAO III International 2017 di Emeralda Golf Club, Cimanggis, Jawa Barat, Kamis (27/7/2017).

Sementara itu, peringkat dua dan tiga perorangan putri ditempati pegolf Indonesia lain, Kristina Natalia Yoko dan Ida Ayu Indira Melati Putri. Kristina dan Ida Ayu sama-sama membukukan total 217 pukulan. Peringkat empat ditempati pegolf Malaysia, Nur Durriyah Damian, dengan total 218 pukulan.

Juara OJAO III, Naraajie Bidik Perak SEA Games

Di nomor beregu, gelar juara menjadi milik Ida Ayu dan Marcella Pranovia, yang mewakili Bali, dengan total 288 pukulan. Rivani dan Adelia, yang mewakili DKI Jakarta, menempati peringkat dua dengan total 289 pukulan. Duet Jawa Barat, Ribka Vania dan Patricia W Sinolungan, menempati peringkat tiga dengan total 293 pukulan.