5 Negara Dukung Timor Leste Menjadi Anggota ASEAN

TIMOR LESTE (Independensi.com) – Perwakilan Negara-negara ASEAN di Timor Leste seperti Malaysia, Indonesia, Filipina, Singapura dan Thailand terus berjuang dan memberi dukungan untuk Pemerintah Timor Leste menjadi anggota Organisasi ASEAN.
Sambutan ini di sampaikan oleh Duta Besar Malaysia untuk Timor Leste Citra Dewi Ramaya kepada Wartawan dalam acara Hari Ulang Tahun Organisasi ASEAN yang di selenggarakan di Kedutaan Besar Filipina Farol-Dili, Selasa (8/8/2017).

Menurut Citra Dewy Ramaya, Negara-negara di ASEAN telah memperhatikan Timor Leste untuk menjadi anggota sebagai keluarga ASEAN di kawasan ini. “Perwakilan Negara-negara ASEAN di Timor Leste akan membantu melalui dukungan yang sepenuhnya ”, kata Citra.

Dia menjelaskan, selama ini telah memperhatikan banyak perkembangan yang terjadi di Timor Leste, karena banyak orang yang menunjukan minat yang besar dari berbagai Negara seperti Malaysia.

Meskipun sampai saat ini, Pemimpin Organisasi ASEAN belum memberi kepastian keanggotaan Timor Leste untuk ASEAN, tetapi Pemerintah Timor Leste tetap berjuang  untuk memenuhi tiga pilar yakni Politik dan Keamanan, Ekonomia dan Sosial budaya.

Dalam Hari Ulang Tahun ASEAN ke 50, Pemerintah Timor Leste sangat menghargai proses pembangunan organisasi ASEAN yang berjalan dengan baik selama ini, khususnya para pendiri oganisasi ASEAN.

“Selamat Ulang tahun organisasi ASEAN, dimana terus melanjutkan visi dan misi Organisasi yang baik menghimpun Negara-negara di Kawasan Asia Tenggara untuk menjaga Stabalitas Negara ”, kata Wakil Menlu Timor Leste, Roberto Suarez.

Selama ini Negara-negara di ASEAN telah membangun visi dan misi organisasi sesuai dengan 3 pilar penting yakni Politik dan Keamanan, Ekonomi dan Sosial Budaya.

Menurut Roberto, Timor Leste terus berjuang untuk memenuhi syarat-syarat menjadi anggota organisasi ASEAN. Hingga saat ini ada 10 negara yang menjadi bagian dari ASEAN, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Brunei Darusallam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.  (AQA)