Karjadi Pranoto

Manulife Kelola Rp 12,8 Triliun Dana Pensiun

SEMARANG (Independensi.com) – PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia mengelola sekitar Rp12,8 triliun dana pensiun yang iurannya telah dibayarkan hingga kuartal I 2017. “Hingga kuartal I 2017 sudah ada 1.704 perusahaan yang menjadi klien kami dalam program dana pensiun lembaga keuangan,” kata Direktur PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Karjadi Pranoto di Semarang, Rabu (9/8/2017).

Dari jumlah perusahaan sebanyak itu, kata dia, tercatat 457.838 tenaga kerja menjadi peserta program dana pensiun tersebut. Secara umum, lanjut dia, terdapat peningkatan jumlah dana yang dikelola maupun korporasi yang menitipkan uangnya untuk dikelola.

Dalam kurun waktu 4 bulan, menurut dia, terdapat peningkatan sekitar Rp400 miliar dana pensiun yang dikelola Manulife dibanding dana yang dikelola sepanjang 2016 yang mencapai Rp12,4 triliun.

Selain itu, jumlah perusahaan yang menitipkan dana pensiunnya juga meningkat dari 1.527 korporasi pada 2016 menjadi 1.704 pada kuarta I tahun ini.

Berdasarkan kondisi tersebut, kata dia, semakin banyak perusahaan yang mempercayakan pengelolaan dana pensiunnya di lembaga keuangan ini.

Sementara berdasarkan alokasi pengelolaan dana pensiun tersebut, ia menjelaskan sebagian besar masih ditempatkan pada pasar uang. “Pertimbangannya karena relatif lebih aman dibanding yang lain,” katanya.

Pengelolaan lain, kata dia, ada pula yang ditempatkan di pasar modal serta Discretionary Fund.

Secara umum, lanjut dia, target pencapaian pengelolaan dana pensiun pada tahun ini sudah terealisasi.

Meski demikian, ia menilai besaran dana pensiun yang dikelola Manulife masih akan bertambah seiring kesadaran perusahaan terhadap pentingnya pengelolaan dana tersebut. “Program dana pensiun ini program investasi, oleh karena itu harus dipersiapkan sejak dini,” katanya.