Ilustrasi (Dok/Ist)

Kejuaraan Menembak Piala Kasad Resmi Digelar

JAKARTA (IndependensI.com) – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono secara resmi membuka kejuaraan Lomba Tembak Piala Kasad Tahun 2017, di Lapangan tembak Divisi Infanteri I Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat, Senin (21/8). Kejuaraan ini berlangsung hingga 25 Agustus 2017.

Seperti dikutip dari Antara, Mulyono mengatakan, kejuaraan lomba tembak ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan sebagai bagian dari evaluasi hasil pembinaan latihan prajurit dan satuan jajaran TNI AD, khususnya di bidang menembak. Dalam slogan yang sering disampaikan, prajurit harus disiplin, jago perang, jago tembak, jago beladiri, dan memiliki fisik yang prima.

Tema yang diusung pada lomba tembak tahun ini adalah “Melalui Lomba Tembak Piala Kasad TA 2017 Kita Wujudkan Prajurit TNI AD Yang Jago Tembak Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok”. “Kita harus jujur mengakui, bahwa proses regenerasi masih belum berjalan dengan optimal, karena Tim Menembak TNI AD dalam kejuaraan internasional masih didominasi oleh para petembak lama,” katanya.

Oleh karena itu, melalui kegiatan Lomba Tembak Piala Kasad ini, diharapkan dapat muncul petembak-petembak baru dengan prestasi yang baik agar dapat dipersiapkan sebagai atlet untuk Lomba Tembak internasional di masa depan, sebagai bagian dari proses regenerasi. Dalam lomba tembak piala Kasad ini ada empat materi lomba yang akan dipertandingkan, yaitu materi tembak senapan, tembak pistol, tembak senapan otomatis dan karaben.

Kejuaraan tersebut diikuti oleh 18 satuan tingkat Kotama yaitu Divisi 1 Kostrad, Divisi 2 Kostrad, Kopassus, Kodam I/BB, Kodam II/SWJ, Kodam III/SLW, Kodam IV/DIP, Kodam V/BRW Kodam VI/MLW, Kodam IX/UDY, Kodam XII/TP, Kodam XIII/MDK, Kodam XIV/HSN, Kodam XVI/PTM, Kodam XVII/CEN, Kodam XVIII/Kasuari, Kodam IM, dan Kodam Jaya.

Peserta lomba dari seluruh Kotama berjumlah 447 orang dengan rincian 90 orang peserta di kelas pistol Pa Kotama eksekutif, 90 orang senapan, 54 orang pistol putra, 51 orang pistol putrid, 54 orang tembak pistol karaben, dan 72 orang peserta di kelas tembak senapan otomatis, 36 orang tembak runduk. Peserta lomba yang keluar sebagai juara umum akan menerima penghargaan dan piala bergilir dari Kasad. Tahun lalu keluar sebagai juara umum lomba tembak piala Kasad yaitu kontingen petembak dari Kopassus.