Rafael Nadal (Dok/Ist)

Nadal Kembali Nomor Satu

 

PARIS (IndependensI.com) – Petenis tangguh asal Spanyol, Rafael Nadal akhirnya kembali menduduki peringkat nomor satu dunia setelah terakhir kali pada 2008 lalu. Nama Nadal resmi tertulis pada daftar peringkat ATP yang dirilis, Senin (21/8). Bagi Nadal, prestasi ini luar biasa menyusul surutnya performa karena cedera serta faktor persaingan yang sangat ketat dari para petenis muda.

Sebenarnya, petenis berambut ikal ini sudah dipastikan menjadi nomor satu dunia dari pekan lalu. Hal ini terkait dengan kemenangannya di Roland Garros untuk menggenapi trofi grand slam ke-15 sepanjang karier. Kemudian petenis nomor satu dunia asal Inggris, Andy Murray yang memilih mundur dari dua turnamen, yakni Montreal dan Cincinnati karena cedera pinggang. Praktis, Murray tidak mendapat poin untuk mempertahankan tampuk pimpinan petenis putra kelas dunia.

Dari catatan yang ada, Nadal kali pertama memegang peringkat satu dunia pada Agustus 2008 selama 141 pekan. Kala itu, Nadal harus bersusah payah menjadi nomor satu menyusul deraan cedera pergelangan tangan dan lutut. Akhirnya, petenis berbasis kidal ini harus merelakan peringkat satunya setelah masalah cedera lututnya tak kunjung sembuh. Sejak itu, Nadal kerap gagal meraih posisi pertama dalam beberapa tahun ke depan. “Menjadi nomor satu kembali adalah luar biasa. Apalagi bila melihat situasi dan kondisi saya saat ini,” ujar Nadal seperti dikutip Associated Press, Senin (21/8).

Pekan lalu, Nadal kandas di perempat final Cincinnati dari tangan petenis muda Australia, Nick Kyrgios. Dia pernah merasakan peringkat ke-13 ATP yang merupakan raihan terendah sejak 2015 lalu. Nadal kembali menapaki jalur sukses menuju nomor satu setelah menang di Paris dan runtuhnya prestasi para petenis papan atas.

“Mengulang sukses sebagai petenis nomor satu setelah sembilan tahun, adalah sebuah sukses terbaik. Rafa membuktikan semua itu selama kariernya. Ini menunjukkan dedikasi yang tinggi dan konsistensi yang luar biasa. Kami memberikan selamat atas apa yang sudah dicapainya,” ujar Ketua Eksekutif ATP, Chris Kermode.

Peringkat ATP per 21 Agustus 2017

1. Rafael Nadal

2. Andy Murray

3. Roger Federer

4. Stan Wawrinka

5. Novak Djokovic

6. Alexander Zverev

7. Marin Cilic

8. Dominic Thiem

9. Grigor Dimitrov

10. Kei Nishikori