Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. (Istimewa)

Kevin/Marcus Ditantang Seteru Abadi

JAKARTA (IndependensI.com) – Duet andalan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi salah satu wakil Indonesia yang masih bertahan hingga babak semifinal Japan Open Super Series 2017. Keduanya bakal bertemu seteru abadi asal Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen di babak empat besar, Sabtu (23/9). Pertandingan ini akan menjadi partai yang ditunggu-tunggu, sebab dalam setiap pertemuannya, kedua pasangan ini selalu menyajikan atraksi pertandingan yang menegangkan.

Kevin/Marcus dan Boe/Mogensen sudah lima kali berhadapan sebelumnya. Sayang, catatan pertemuan tak begitu berpihak pada pasangan Indonesia tersebut, karena Kevin/Marcus kalah 1-4. Kevin/Marcus bahkan harus menelan kekalahan di tiga pertemuan terakhir. Pekan lalu di final Korea Open Super Series 2017, Kevin/Marcus kalah dengan 19-21, 21-19 dan 15-21.

“Pertandingan besok pasti akan seru, karena mereka pengalamannya kan banyak, jadi pasti lebih seru di lapangan. Lebih ribet mainnya. Yang penting banyak enjoy aja dan nggak kebawa pikiran,” kata Marcus seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI, Jumat (22/9). “Kami nggak mau mikir terlalu jauh. Enjoy aja step by step. Lebih siap mental, lebih tenang dan mau capek,” ujar Kevin mengenai persiapannya. Sebelumnya di perempat final, Kevin/Marcus mengalahkan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, Denmark, 21-19 dan 22-20.

Belum Terbendung

Sementara itu langkah Praveen Jordan/Debby Susanto masih belum terbendung setelah keduanya memastikan diri lolos ke semifinal. Praveen/Debby sukses menundukkan pasangan Taiwan, Wang Chi Lin/Lee Chia Hsin 18-21, 21-18, 21-16 dalam tempo 58 menit. Ini merupakan pertemuan kedua Jordan/Debby dengan Wang/Lee di lapangan. Pertemuan pertama mereka terjadi di Swiss Open 2017. Jordan/Debby kala itu menang dengan 21-11,17-21 dan 21-17.

“Game pertama kami sudah unggul tapi kami agak lengah dan kebawa permainan mereka,” kata Jordan. “Instruksi dari Cik Vita (Marissa) memang gimana caranya kami main no lob, jangan terlalu banyak defend. Karena pemain cowoknya serangannya kan bagus,” ujar Debby.

Di semifinal mereka sudah ditunggu pemain Tiongkok, Wang Yilyu/Huang Dongping. Keduanya baru saja berhadapan di babak final Korea Open Super Series 2017 pekan lalu. Jordan/Debby menjadi kampiun setelah mengalahkan Wang/Huang, 21-17 dan 21-18. “Yang pasti kami harus siap ekstra kerja keras. Karena tenaga hari ini terkuras cukup banyak. Tapi tadi lawan juga mereka main tiga game dan menguras tenaga juga. Jadi gimana caranya kami harus menjaga fokus, konsetrasi. Walaupun sudah capek tapi tetap enjoy. Persiapannya lebih ke non teknis,” jelas Debby.