Ong Kim Swee

Malaysia Pantang Sesumbar Hadapi Thailand

JAKARTA (IndependensI.com) – Pelatih Malaysia, Ong Kim Swee, pantang sesumbar jelang final sepakbola putra SEA Games 2017. Tim tuan rumah akan menghadapi Thailand di partai puncak setelah mengalahkan Indonesia di semifinal.

Ong, yang juga menangani “Harimau Malaya” saat meraih medali emas SEA Games 2011, mengingatkan pemainnya agar tidak gegabah menghadapi Thailand. Saran logis mengingat “Gajah Tempur” adalah juara bertahan dan sudah 13 kali meraih medali emas sepakbola putra.

“Bagus kami tidak kemasukan saat melawan Indonesia. Itu memberi kami keyakinan diri menuju final. Tapi kami tidak boleh lupa diri,” kata Ong seperti dikutip The Star, Senin (28/8/2017).

“Thailand adalah tim yang bagus. Kami harus fokus melawan mereka,” ujarnya.

Malaysia melangkah mulus di penyisihan grup dengan mengalahkan Brunei, Singapura, Myanmar dan Laos. Di semifinal, Malaysia menang lewat gol N Thanabalan di menit 87.

Medali emas sepakbola akan melengkapi sukses Malaysia sebagai juara umum pesta olahraga Asia Tenggara ini. Malaysia memimpin perolehan medali sementara dengan 96 emas.

“Kondisi tim saat ini sedang bagus. Para pemain tidak sabar bermain hingga peluit akhir berbunyi,” kata kapten Muhammad Adib Zainuddin seperti dikutip kantor berita Bernama.

“Kami sudah melangkah sejauh ini. Sekarang adalah peluang terbaik Malaysia meraih gelar juara. Saya berharap semua pemain berjuang hingga akhir,” ujarnya.

“Thailand adalah tim terbaik di Asia Tenggara. Bisa mengalahkan mereka adalah impian semua tim yang berkompetisi di SEA Games,” kata Zainuddin.

Bukan hanya pemain Malaysia yang harus berkepala dingin. Pendukung mereka juga perlu menjaga tata tertib setelah dua suporter Myanmar dipukuli usai pertemuan kedua tim di penyisihan grup. Panitia pelaksana SEA Games juga mengecam nyanyian “Singapura anjing” saat Malaysia menghadapi Singapura.