Garbine Muguruza (AFP)

Muguruza Gusur Pliskova dari Takhta Tenis Dunia

JAKARTA (IndependensI.com) – Garbine Muguruza menggusur Karolina Pliskova dari takhta tenis putri dunia. Pergeseran status ini agak kontroversial karena Muguruza tersingkir lebih dulu dibanding Pliskova di US Open 2017.

Pliskova hanya delapan pekan menjadi petenis putri nomor satu dunia. Gelar itu dipastikan lepas dari tangannya setelah dikalahkan CoCo Vandeweghe 7-6 (7/4), 6-3 pada perempat final US Open.

“Saya tidak peduli. Saya rasa tidak ada yang berubah setelah saya hanya menjadi nomor dua. Saya tidak melihat perbedaannya. Jadi di mata saya tidak ada yang berubah,” kata Pliskova seperti dikutip kantor berita AFP, Kamis (7/9/2017).

“Saya baru berada di sana selama beberapa pekan. Mungkin setelah setahun ada di atas, barulah merasakan perbedaannya. Tapi sekarang rasanya tidak,” petenis Republik Cek itu.

Pliskova juga tidak terlalu memusingkan kegagalannya meraih gelar juara Grand Slam selama ada di posisi nomor satu dunia.

“Selalu ada orang yang berkomentar tentang sesuatu. Saya tidak peduli. Saya tidak pernah memilih untuk berada di posisi saat ini. Sekarang saya berharap bisa punya lebih banyak kesempatan. Masih banyak Grand Slam yang akan saya ikuti. Saya yakin bisa menjuarai satu di antaranya,” kata Pliskova.

Kekalahan Pliskova sebelum final memastikan dia digusur oleh Muguruza. Petenis asal Spanyol ini sudah mengantongi poin yang cukup setelah menjuarai tunggal putri Wimbledon, Juli lalu. Muguruza juga menjuarai turnamen pemanasan jelang US Open di Cincinnati.

Muguruza dikalahkan Petra Kvitova (Republik Cek) di putaran keempat US Open. Dia menjadi orang ke-24 yang menduduki ranking satu dunia sepanjang sejarah WTA.

No. 1 Very happy!! Believe. Dreams come true. Thanks all! Love you,” cuit Muguruza segera setelah Pliskova kalah.

Pliskova naik ke peringkat satu dunia setelah Serena Williams (AS) absen karena hamil. Serena, kolektor 23 trofi Grand Slam, pekan lalu melahirkan seorang bayi perempuan. Dia tidak mau beristirahat lama dan berniat mempertahankan gelar juara Australian Open di Melbourne, Januari 2018.

2 comments

  1. KONTRO VERSI MENURUT SITU AJA KALEEEE…….
    GAK NGERTI SISTIM POINT YA,,,, MALU2 MALUIN
    NIH GUA AJARI SITU YA….

    PLISKOVA POINT (DEFENDING 1300) – 430 WON = 870 (KEHILANGAN PONT)
    MUGURUZA POINT (DEFENDING 70) – 240 WON = 170 (PERTAMBAHAN POINT)

    PLISKOVA TOTAL POINT SEBELUMNYA 6390 – 870 = 5520 (MEROSOT)
    MUGURUZA TOTAL POINT SEBELUMNYA 5860 + 170 = 6030 (BERTAMBAH)

    JADI SIAPA YANG UNGGUL? KONTROVERSI GIMANA? MENURUT KAMU AJA KALEEE
    MAKANYA PINTAR DIKIT DONG

    1. Terima kasih atas masukannya. Kata kontroversi itu hanya untuk bumbu dalam tulisan. Sebab Pliskova memang butuh masuk final jika mau tetap berada di peringkat 1 WTA pada pekan depan. Lalu karena hanya sebentar di peringkat 1, dia belum sempat menjadi juara Grand Slam dengan menyandang statusnya itu.
      Anyway, terima kasih atas masukan dan perhatiannya untuk IndependensI.com.

Comments are closed.