Gennady Golovkin (kiri) dan Canelo Alvarez sama-sama merasa unggul usai ronde terakhir perebutan gelar juara dunia kelas menengah WBC, WBA, dan  IBF middleweight di T-Mobile Arena, Las Vegas, AS, Minggu (17/9/2017) pagi WIB. (AFP)

Alvarez Masih Penasaran, Duel Ulang Disiapkan

JAKARTA (IndependensI.com) – Canelo Alvarez masih penasaran setelah gagal merebut gelar juara dunia kelas menengah dari Gennady Golovkin. Pertarungan 12 ronde yang digelar di Las Vegas, AS, Minggu (17/9/2017) pagi WIB itu berakhir imbang.

Alvarez mengaku sudah menjalankan strateginya di atas ring. Tapi petinju Meksiko 27 tahun itu gagal memanfaatkan peluang ketika gagal menjatuhkan sang juara bertahan di ronde ke-10.

“Saya ingin menghabisis dia, tapi dia memang lawan yang tangguh dan punya banyak pengalaman. Saya gagal mendapatkan hasil yang saya inginkan,” kata Alvarez seperti dikutip kantor berita AFP, Senin (18/9/2017).

Alvarez, mantan juara dunia di dua kelas berbeda, melancarkan pukulan bertubi-tubi sekitar 30 detik di ronde ke-10. Tapi Golovkin, sang juara dunia asal Kazakstan, mampu bertahan. Golovkin memang dikenal sebagai petinju yang tangguh dengan catatan tidak pernah jatuh di atas ring selama karier profesionalnya dan di 350 pertarungan amatir.

Hingga dua kali naik ring terakhir, yang waktunya berjauhan, Golovkin berhasil merangsek ke kelas menengah. Pada Maret 2017, dia memperlihatkan keperkasaannya dengan kemenangan atas Daniel Jacobs yang merupakan kemenangan KO ke-23 berturut-turut.

“Saya piker saya sudah menang. Saya unggul di atas ring. Saya menang setidaknya di tujuh atau delapan ronde. Saya juga bisa melancarkan pukulan balasan dan membuat dia goyah beberapa kali,” kata Alvarez.

“Saya merasa frustrasi dengan hasil imbang ini. Jika orang-orang ingin melihat pertarungan ulang, kami siap,” ujarnya.

Tiga juri memberikan penilaian berbeda. Adalaide Byrd memberikan angka 118-110 untuk keunggulan Alvarez. Dave Moretti mengunggulkan Golovkin dengan 115-113. Don Trella mencatatkan 114-114.

Di media sosial beredar spekulasi penilaian Byrd tidak sesuai dengan kenyataan. Golovkin, yang masih memegang sabuk juara dunia World Boxing Council (WBC), World Boxing Association (WBA), dan International Boxing Federation (IBF), mengaku tidak percaya dengan penilaian Byrd.

“Jelas saya ingin pertarungan ulang. Tapi duel tadi memang seru,” kata Golovkin.

Duel Golovkin-Alvarez jilid kedua kemungkinan digelar pada semester pertama 2018.