Karolina Pliskova. (Dok/Ist)

Pliskova Lebih Percaya Diri

TOKYO (IndependensI.com) – Mantan petenis nomor satu putri, Karolina Pliskova semakin percaya diri usai berpisah dari sang pelatih, David Kotyza pekan lalu. Dirinya hendak menyelesaikan musim kompetisi dan berniat tampil maksimal untuk merebut posisi terbaik pada laga WTA Finals di Singapura, bulan depan.

Dari catatan yang ada, Pliskova mulai memakai Kotyza sebaga pelatih pada bulan Desember lalu. Hasil yang diraih cukup signifikan, yakni menjuarai tiga gelar turnamen WTA musim ini dan mencapai babak semifinal di French Open dan perempat final US Open. Kendati demikian, pelatih berusia 50 tahun belum bisa mengembalikan peringkat Pliskova sebagai Ratu Tenis Sejagad, alias merebut peringkat nomor satu WTA.

Kondisi ini membuat petenis Czech berusia 25 tahun itu memberhentikan Kotyza dan memilih berlatih bersama sang ayah hingga musim ini berakhir. “Biasanya saya perlu seorang pelatih. Tapi sekarang tidak lagi. Saya merasa bisa bermain bagus tanpa pelatih,” ujar Pliskova seperti dikutip Reuters, Selasa (19/9).

Pliskova bertengger di posisi empat dunia usai US Open lalu. Dirinya berharap bisa menggeser peringkat nomor satu dunia yang kini digenggam petenis Spanyol, Garbine Muguruza. Baginya, persaingan di tenis putri saat ini tidak terlalu ketat. “Tahun ini, peluang untuk meraih sukses sangat terbuka setelah Serena Williams tidak bermain. Setiap petenis punya kesempatan untuk meraih prestasi. Untuk bertengger di peringat 10 besar dunia adalah sebuah kemungkinan besar,” kata Pliskova.

Lebih jauh Pliskova berharap bisa bermain apik menjelang laga WTA Finals di Singapura. Dia berharap dengan turnamen-turnamen sebelum WTA Finals, dirinya bisa merebut poin dan perlahan bisa mengembalikan peringakatnya di tangga utama. Turnamen WTA Finals memainkan delapan petenis yang lolos kualifikasi berdasarkan poin dan berlangsung pada 22-29 Oktober mendatang. Ajang bergengsi yang digelar di Singapura memperebutkan hadiah total US$ 7 juta. Pliskova yang tengah mempersiapkan diri untuk bermain di Pan Pacific Open, Tokyo, Jepang, pekan ini,  bakal menemui lawan dari pemenang laga antara Magda Linette dari Polandia melawan Daria Gavrilova asal Australia.