Yayasan Nobel Tambah Uang Hadiah

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Yayasan Nobel menambah uang hadiah untuk penerima penghargaan tersebut tahun ini. Para penerima Hadiah Nobel 2017 akan diumumkan di Stockholm, Swedia, pekan depan.

“Dewan Pengarah Yayasan Nobel sudah menetapkan pada 14 September 2017 bahwa nilai hadiah Nobel menjati 9 juta krona (US$1,1 juta) per kategori,” kata Yayasan Nobel dalam pernyataannya, Senin (25/9/2017).

Pada 2012, uang hadiah diturunkan 20 persen menjadi 8 juta krona dari 10 juta krona sejak 2001. Penurunan itu dilakukan untuk menjaga ketersediaan dana yayasan dalam jangka panjang.

“Meski banyak tindakan lain perlu dilakukan dalam rangka memperkuat keuangan yayasan dalam jangka panjang, keadaan saat ini sudah cukup stabil,” kata Yayasan itu lagi.

Hadiah Nobel yang dibagikan kepada para penerimanya berasal dari warisan pendiri yayasan, Alfred Nobel. Dia adalah ilmuwan Swedia yang menemukan dinamit.

Hadiah Nobel bidang pengobatan, yang biasanya diberikan kepada satu orang setiap tahun, akan dimumkan pada 2 Oktober 2017. Pemenang berikutnya yang diumumkan adalah untuk bidang fisika dan kesehatan.

Penerima Hadiah Nobel Perdamaian akan diumumkan pada 6 Oktober 2017. Untuk bidang sastra, tanggalnya belum ditetapkan.