Gelandang West Bromwich Albion, Gareth Barry (tengah), tampil pada pertandingan Liga Inggris melawan Arsenal di Stadion Emirates, London, Senin (25/9/2017). (AFP)

Gareth Barry Lewati Rekor Ryan Giggs

JAKARTA (IndependensI.com) – Gareth Barry melewati rekor Ryan Giggs dalam jumlah penampilan di Liga Inggris.

Penampilannya saat memperkuat West Bromwich Albion melawan Arsenal di Stadion Emirates, London, Senin (25/9/2017), menambah rekornya menjadi 633 pertandingan.

Barry ditunjuk sebagai kapten Albion di laga tersebut untuk menghormati pencapaiannya yang luar biasa. Dia mendapatkan sambutan hangat dari pendukung Arsenal dan West Brom sebelum kick-off.

Gelandang 36 tahun itu menyamai rekor mantan bintang Manchester United, Ryan Giggs, saat West Brom imbang tanpa gol dengan West Ham United, akhir pekan lalu. Pertandingan itu membuat Barry mencatatkan 601 kali menjadi starter di Liga Inggris.

“Ada sesuatu yang berbeda pekan ini dengan banyaknya sorotan media. Senang rasanya bisa meraih pencapaian ini,” kata Barry.

Sayangnya, West Brom kalah 0-2 dari Arsenal. “Amat menyenangkan jika kami menang. Tapi masih banyak hal positif yang pantas disyukuri,” ujarnya.

Barry mencatatkan debutnya di Premiership bersama Aston Villa saat baru berusia 17 tahun. Waktu itu dia menjadi pemain pengganti dalam kemenangan 3-1 atas Sheffield Wednesday pada 2 Mei 1998.

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, sempat dua kali mencoba menarik Barry. Namun Barry memilih Manchester City, yang dibantunya meraih gelar juara pada 2012, dan Everton sebelum bergabung dengan West Brom tanpa transfer di bursa pemain musim panas tahun ini.

Musim ini menjadi musim ke-21 Barry sebagai pemain profesional. Dia juga tercatat 53 kali memperkuat tim nasional Inggris. Barry mengaku masih ingin bermain setidaknya hingga berusia 40 tahun.

Jika benar, Barry akan kembali melewati rekor Giggs, yang bermain 40 kali di era Divisi Satu sebelum diperkenalkannya Premier League pada 1992. Jika semuanya ditambahkan, Giggs sudah bermain 672 kali di level tertinggi Inggris.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, pernah bermain bersama Barry di Aston Villa. Dia menyampaikan pujian untuk mantan rekan satu timnya itu.

“Kehormatan besar bisa melihatmu meraih gelar juara bersama klub dan bermain lebih dari 50 kai untuk Inggris, memainkan banyak pertandingan besar,” kata Southgate tentang Barry.

“Saya mengingat saat kita masih di Villa dan saya berpikir bahwa saya bakal kesulitan mempertahankan posisi di dalam tim. Untungnya Villa memainkan tiga pemain di belakang dan kamu bisa bermain di sebelah saya,” ujarnya.

“Saya ucapkan selamat atas pencapaian yang fantastis ini. Kamu sudah menjadi panutan dengan terus bermain di level tinggi. Kamu sekarang masuk buku sejarah dan memang layak ada di sana. Selamat, nikmatilah, dan saya berani bilang bahwa masih banyak pertandingan lagi yang akan kamu jalani,” kata Southgate.

One comment

Comments are closed.